Analisis Efektifitas Alat Penerus Daya Pada Kendaraan Buggy Dengan Mesin Bensin 5.5 Hp 4 Tak

Trayoda, I Made Manggala and Adiaksa, I Made Anom and Susila, I Nengah Darma (2022) Analisis Efektifitas Alat Penerus Daya Pada Kendaraan Buggy Dengan Mesin Bensin 5.5 Hp 4 Tak. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_21401_1915213030_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_21402_1915213030_0021057705_0031126473_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (423kB)

Abstract

Mobil buggy adalah suatu kendaraan yang dapat melintasi setiap medan baik on road ataupun off road. Buggy itu adalah sebuah kereta kuda beroda empat, jadi mobil buggy ini awalnya menyerupai seperti kereta kuda yang digunakan untuk satu sampai dua orang, namun seiring berkembangnya teknologi banyak sekali jenis - jenis mobil buggy. Dari banyak jenis - jenis mobil buggy, ada satu jenis mobil yang akan di analisis yaitu mobil buggy bermesin bensin 5.5 Hp 4 Tak dengan menggunakan sistem transmisi otomatis Continously Variable Transmission (CVT). Konsep analisis yang dilakukan adalah mencari rpm, torsi yang diteruskan oleh CVT dan efektivitas dari penerus daya dihubungkan dengan beban kendaraan. Analisis untuk beban dilakukan pada beban yang berbeda yaitu, 3kg, 5kg, 7kg, dan 8kg. Pengujian ini menggunakan sitem dynotest manual. Torsi yang dapat diteruskan oleh CVT berbeda-beda pada setiap beban yang diberikan. Torsi di putaran mesin 5500 rpm sampai dengan 8000 rpm mendapatkan hasil yang sama di setiap putaran mesin tersebut, yang membuat hasilnya beda hanya di beban yang diberikan. Jadi torsi yang dapat diteruskan oleh cvt tergantung dari beban yang diberikan, semakin berat beban yang diberikan maka hasil dari torsi akan semakin besar. Berbeda dengan rpm roda, jika torsi diberikan beban besar maka hasil dari torsi yang didapat juga akan semakin besar, tetapi rpm roda malah sebaliknya, jika beban yang diberikan semakin besar maka hasil yang didapat dari rpm roda akan semakin kecil. Hasil efektivitas menunjukan bahwa sistem penerus daya ini kurang efektif diterapkan pada mesin 5,5 HP untuk memutar roda belakang pada kendaraan buggy. Kata kunci : Analisis, Mobil Buggy, Torsi, Efektivitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik
Ilmu Teknik > Ilmu Keteknikan Industri > Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir
Depositing User: I Made Manggala Trayoda
Date Deposited: 28 Sep 2022 05:22
Last Modified: 28 Sep 2022 05:22
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item