Penanganan Transportation Request Pre-Arrival dan In-House Guest oleh Telephone Operator di Six Senses Uluwatu Bali

Arini, Ni Kadek Ayu and Ruki, Made and Sadguna, I Gde Agus Jaya (2022) Penanganan Transportation Request Pre-Arrival dan In-House Guest oleh Telephone Operator di Six Senses Uluwatu Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823018_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823018_0006106208_0010028504.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (849kB)

Abstract

Six Senses Ulwatu Bali merupakan hotel berbintang lima yang terletak di kawasan Uluwatu, Bali. Hotel ini memiliki daya tarik dari segi pemandangan dan konsepnya yang sangat unik dan klasik, selain itu di dalam resort terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan setiap hari baik oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Beberapa aktivitasnya yaitu Hole in one yaitu olahraga golf yang langsung menuju ke laut, paper making, goat feading, totebag making, hingga aktivitas wellnes yang dilakukan secara gratis. Hotel ini memiliki 103 kamar diantaranya 75 villa dan 28 kamar di dalam building. Six Senses Uluwatu Bali juga memiliki beberapa fasilitas penunjang dari dining fasilitas, recreation dan welness. Untuk dining fasilitas terdapat 3 Restaurant yaitu Rocka Restaurant, Crudo Restaurant, dan Cliff Bar. Sedangkan wellnes terdapat Six Senses Spa. Untuk Fasilitas rekreasi terdapat Infinity Swimming pool yang memiliki view langsung menghadap ke laut. Untuk Mendukung proses perasional, Six Senses Uluwatu Bali memiliki tatanan organisasi yang terdiri dari Front Office, Housekeeping, Engineering, Food and Beverage, Sales and Marketing, Finance. Front Office merupakan bagian terdepan dari sebuah hotel dan sangat penting peranannya, karena front office merupakan salah satu departemen yang menjadi pusat pelayanan pertama dan terakhir saat tamu memasuki hingga meninggalkan hotel. Kemudian di dalam departemen front office pun terdiri dari beberapa section salah satunya yaitu telephone operator, telephone operator merupakan sebuah section yang memiliki tugas dan tanggung jawab dibagian pelayanan penyediaan informasi melalui panggilan telepon. Setiap tamu yang menelpon baik itu dari luar atau dalam hotel akan ditangani oleh telepon operator. Di Six Senses Uluwatu, seorang telepon operator tidak hanya berfokus pada penanganan telepon yang masuk dan keluar hotel, melainkan juga menangani permintaan-permintaan dari tamu, salah satunya transportation request. Walaupun umumnya transportaation request ini ditangani oleh bagian concierge, namun di Six Senses sendiri ditangani langsung oleh telepon operator. Maka dari itu sebagai telepon operator selain memiliki kecakapan berkomunikasi yang baik juga harus memiliki ketanggapan dalam penerimaan permintaan dari tamu. Dalam hal ini Transportation request yang diterima berasal dari pre arrvial guest dan juga in house guest. Dalam permintaan transportation request pre arrival guest leih dominan meminta transportasi untuk layanan jemput di airport sedangkan in house guest lebih banyak memesan transportasi untuk layanan pengantaran ke airport, hourly charter dan pengantaran ke tempat-tempat rekreasi terdekat. Untuk menangani permintaan transportasi ini seorang telepon operator juga harus jeli dalam memberikan informasi harga dan informasi lainnya terkait transport. Adapaun beberapa tahapan yang harus dilakukan saat meananagani transportation request, yaitu tahap persiappan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Di dalam tahap persiapan dilakukand engan mempersiapkan segala kesiapan diri dan juga mempersiapkan alat-alat kerja sehingga bisa bekerja dengan baik dan lancar. Tahap pelaksanaan yaitu tahap dimana seorang telephone operator menerima transporatation request dari tamu, baik itu dari pre arrival guest dan juga in house guest. dalam tahap ini seorang telephone operator dapat menerima permintaan tamu melalui telephoone, pesan (dari Six Senses Application, ataupun via Whattsapp chat. dalam hal ini proses pencatatan terhadap permintaan tamu akan ssangat diperukan untuk menghindari kekeliruan, hal yang perlu dicatat adalah Nama tamu (untuk pre arrival guest), nomor kamar (khusus untuk in house guest), jumlah orang, jumlah barang, jenis kendaraan yang diminta, flight detail untuk layanan antar jemput airport, kemudian tujuan tamu (jika tamu tidak menuju ke airport. Selanjutnya untuk tahap akhir, akan dilanjutkan dengan membuat transport blocking, transport blolcking merupakan schedule transportasi yang diblock dalam format excel (berisikan detail permintaan tamu terhadap transportasi), setelah itu menyiapkan mobil. selain menggunakan mobil hotel, di Six Senses Uluwatu juga bekerja sama dengan vendor lain dalam penyediaan transportasi. hal terakhir yang harus dilakukan adalah memonitor schedule penjemputan dan pengantaran tamu agar tidak terlambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Ayu Arini
Date Deposited: 13 Sep 2022 23:44
Last Modified: 13 Sep 2022 23:44
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item