Penanganan Check-In oleh Guest Experience Assistant dengan Menerapkan Protokol Kesehatan di The Seminyak Beach Resort & Spa

Dwipayani, Hade and Putra, I Gusti Agung Sadnyana and Antara, Dewa Made Suria (2022) Penanganan Check-In oleh Guest Experience Assistant dengan Menerapkan Protokol Kesehatan di The Seminyak Beach Resort & Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823037_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823037_0023036309_0015096410_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan uraian pada bab pembahasan ada beberapa pernyataan singkat hasil analisis dan simpulan dari Tugas Akhir yang berjudul “Penanganan Check-In dengan sistem PowerPro oleh Guest Experience Assistant dengan menerapkan Protokol Kesehatan pada The Seminyak Beach Resort and Spa” sebagai berikut: 1.Penanganan check-in dengan sistem PowerPro oleh Guest Experience Assistant pada The Seminyak Beach Resort & Spa dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu sebagai berikut: a.Tahap persiapan: Pada tahap ini hal yang perlu dipersiapkan oleh seorang GEA meliputi: 1)Persiapan diri. 2)Pembagian kerja. 3)Persiapan perlengkapan kerja. 4)Persiapan area kerja. b.Tahap pelaksanaan Tahap pelaksanaan dilakukan melalui 11 tahapan, yaitu: 1)Menyambut dan menawarkan bantuan kepada tamu. 2)Menanyakan reservasi tamu. 3)Memberi welcome drink. 4)Memastikan reservasi tamu pada sistem PowerPro. 5)Aknowledge pemesanan tamu. 6)Memberikan registration form dan reconfirm reservasi tamu. 7)Meminta deposit atau guaranteed other expenses kepada tamu. 8)Memastikan status kamar pada sistem PowerPro. 9)Mengambil kunci kamar. 10)Mengantarkan tamu ke kamar serta menjelaskan fasilitas hotel dan kamar. 11)Menyimpan data tamu pada sistem PowerPro (Updating). c.Tahap Akhir Tahapan terakhir dalam proses penanganan check-in dengan sistem PowerPro oleh Guest Experience Assistant dan menerapkan protokol kesehatan yaitu melengkapi data pribadi tamu yang penting seperti nama tamu, alamat tamu, nomor telephone, alamat email, tamu yang keep deposit, dan memastikan additional data keluarga dari Mr.Fayek sudah lengkap memasukan registration form yang berisi data tamu yang sudah selesai diinput pada sistem PowerPro ke dalam doket yang dilakukan oleh afternoon shift yang bertugas pada saat itu, serta mematuhi standar prosedur protokol kesehatan yang sudah di atur pihak CHSE yang bertujuan untuk meminimalisir covid19 menyebar kembali. 2.Kendala yang dihadapi dalam penanganan check-in dengan sistem PowerPro oleh Guest Experience Assistant dan menerapkan protokol kesehatan di The Seminyak Beach Resort & Spa adalah sebagai berikut: 1)Kamar tamu yang belum siap. Solusinya dengan cara menginformasikan kepada team housekeeping apabila ada tamu yang sudah check out sehingga proses pembersihan kamar untuk persiapan arrival dapat segera dilakukan. Solusi lainnya yaitu dengan swap kamar yang sudah di assign sebelumnya dengan kamar yang sudah siap dijual dengan kategori yang sama 2)View kamar yang tidak sesuai dengan ekspetasi tamu. Solusinya Dengan meminta maaf kepada tamu kemudian mengecek ketersediaan kamar pada sistem dan apabila kamar tersedia maka GEA akan memindahkan tamu ke kamar yang mereka inginkan, atau bisa memberikan sebuah complimentary kepada tamu. 3)Sistem PowerPro yang terkadang lambat. Solusi yang diberikan yaitu memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, dan meminta waktu kepada tamu untuk memanggil tim IT untuk segera membantu permasalahan sistem tersebut agar dapat menyelesaikan proses check-in. 4)Reservasi tamu yang tidak terdata. Masalah ini sering muncul ketika pihak reservasi yang mengalami over booking yang masuk melalui email, dimana biasanya tamu yang menginap sering memesan kamar lewat website resmi dari hotel atau lewat aplikasi seperti Traveloka, Booking.com, Agoda dll. Permasalahan ini sering terjadi ketika tamu yang datang untuk check-in tetapi pada saat GEA mengecek reservasi tersebut pada sistem PowerPro tidak tersedia atau data tamu belum terdaftar di sistem. Solusi yang diberikan pada saat terjadinya permasalahan tersebut adalah, seorang GEA harus bisa membuat tamu tetap tenang dan mencoba meminta waktu untuk menyelesaikan permasalahan yang dilakukan oleh bagian resevasi. Seorang GEA akan meminta waktu kepada tamu untuk mendiskusikan terlebih dahulu ke bagian reservasi serta segera membuatkan data tamu di sistem agar proses registrasi bisa segera di lakukan dan tidak membuat tamu menjadi complaint. 5) Permasalahan ini sering muncul ketika ada tamu yang berasal dari Rusia, Korea, China, maupun Italia, dimana seorang GEA merasa kesulitan berkomunikasi dengan tamu karena perbedaan bahasa dengan kondisi tamu tersebut juga tidak pandai menggunakan bahasa inggris dengan baik. Solusi yang dapat dilakukan adalah mencoba memahami permintaan tamu dengan bahasa tubuh dengan cara memberi arahan kepada tamu apa yang diinginkan atau pada saat terjadi hal seperti ini perlu adanya tindakan yang perlu dilakukan pada saat keadaan mendesak, mungkin seorang GEA bisa memberi tahu clue kepada tamu agar permintaan tamu tersebut dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Hade Dwipayani
Date Deposited: 29 Sep 2022 21:24
Last Modified: 29 Sep 2022 21:24
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3294

Actions (login required)

View Item View Item