Putri, I Gusti Ayu Agung Utami Cahaya Putri and Arsawan, I Wayan Edi and Yudistira, Cokorda Gede Putra (2022) Kompetensi, Komitmen dan Budaya Organisasi serta Pengaruhnya Terhadap OCB pada PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Bali. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744030_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (367kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744030_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (305kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan serta tingkat kompetensi, komitmen dan budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sistematis (angka) yang akan menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasikan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer berupa data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 234 responden sebagai sampel penelitian dan data sekunder berupa data gambaran umum perusahaan. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Skala pengukuran penelitian ini menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian ini adalah kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap OCB. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kompetensi di perusahaan maka semakin tinggi pula OCB yang dirasakan karyawan. Komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB. Hal ini menunjukkan bahwa baik buruknya komitmen organisasi karyawan di perusahaan tidak akan berpengaruh terhadap peningkatan atau penurunan Organizational Citizenship Behavior karyawan di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali. Budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap OCB. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik budaya organisasi di perusahaan maka semakin tinggi pula OCB yang dirasakan karyawan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | I Gusti Ayu Agung Utami Cahaya Putri |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 05:11 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 05:11 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3454 |
Actions (login required)
View Item |