Penanganan Reservasi Melalui Telepon Untuk Free Individual Travelers oleh Reservation Sales Agent pada Hotel Conrad Bali

Praptiwi, Ni Luh Putu and Yulianthi, Ayu Dwi and Antara, Dewa Made Suria (2022) Penanganan Reservasi Melalui Telepon Untuk Free Individual Travelers oleh Reservation Sales Agent pada Hotel Conrad Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823112_FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823112_0015078501_0015096410_PART.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (456kB)

Abstract

Penanganan reservasi melalui telepon memiliki beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap penanganan, dan tahap akhir. Tahap persiapan terdiri dari persiapan pribadi dan persiapan peralatan. Persiapan pribadi meliputi mempersiapkan diri agar selalu dalam keadaan sehat, bersih, rapi dan sesuai dengan peraturan perusahaan. Mempersiapkan lingkungan kerja dan peralatan yang akan diperlukan, seperti alat tulis, komputer, kalkulator, dan lainnya. Tahap selanjutnya yaitu tahap penanganan reservasi melalui telepon yang dilakukan oleh reservation sales agent. Tahap ini merupakan tahap inti, yang meliputi kegiatan login ke dalam sistem OPERA, menerima telepon dengan ramah sesuai dengan standar Conrad Bali, memeriksa ketersediaan kamar dan harga dengan cara menekan tombol F2 dan F5 dalam OPERA, memproses pemesanan kamar, dan mengkonfirmasi reservasi. Tahap akhir reservasi merupakan tahapan yang dilakukan ketika tamu sudah confirm booking. Tahapan ini meliputi menjaga dan memodifikasi cacatan reservasi yang sebelumnya telah dibuat. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam penanganan reservasi melalui telepon. Hambatan tersebut meliputi kurangnya kemampuan agen reservasi untuk dapat meyakinkan tamu mengenai kamar yang akan dimiliki, serta perbandingan harga yang ditawarkan hotel dengan pihak ketiga. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan bertanya kepada rekan kerja mengenai konfigurasi kamar yang kurang dikuasai, serta meninjau kembali harga kamar yang mungkin akan diberikan kepada travel agent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Luh Putu Praptiwi
Date Deposited: 12 Sep 2022 12:16
Last Modified: 12 Sep 2022 12:16
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item