Widyatmika, Komang Agus and Sapteka, Anak Agung Ngurah Gde and Yasa, I Made Adi (2022) Pengaruh Jenis Baterai Lithium NCA Dan Baterai Lithium NMC pada Daya Angkut Electric Scooter Berbasis Internet Of Things (IoT). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_36304_1815344019_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_36304_1815344019_0002037104_0810128501_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Teknologi kendaraan listrik telah berkembang sejak lama hingga sekarang era teknologi 4.0. Perkembangan kendaraan listrik seperti mobil dan sepeda motor listrik serta scooter listrik sebagian besar mengacu pada pengembangan kendaraan listrik di Amerika Serikat dan beb erapa negara di Eropa serta Jepang. Kendaraan listrik memiliki keunggulan tersendiri seperti tidak bergetar, tidak mengeluarkan polusi, dan tidak berisik seperti kendaraan berbahan bakar minyak. Pada electric scooter menggunakan system kelistrikan DC. Baterai banyak digunakan dalam berbagai alat kelistrikan DC dan tersedia dalam berbagai jenis baterai. Salah satu jenis baterai isi ulang adalah baterai li-Ion. Penelitian ini bertujuan intuk mengetahui pengaruh daya baterai terhadap daya angkut Scooter dengan menggunakan berat pengguna yang berbeda dan untuk mengetahui jenis baterai yang tepat untuk electric scooter berbasis Internet of Things (IoT). Metode penelitian yang diterapkan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Analisa hasil penelitian dipaparkan berupa grafik dan tabel (statistik). Data RPM, tegangan Baterai, kondisi throtle, suhu pada baterai, berat muatan, pengaruh lintasan, akurasi pembacaan keluaran, faktor yang dapat menentukan keakuratan pengukuran data. Pengujian perbandingan suhu didapatkan bahwa semakin berat pengguna akan menimbulkan panas yang semakin tinggi pada baterai dan dalam pengujian dapat di lihat bahwa baterai NCA sedikit lebih panas dari pengujian baterai jenis MNC. Semakin berat pengguna akan menghabiskan tegangan yang semakin banyak pada baterai dan dalam pengujian baterai NCA sedikit mengalami penurunan tegangan dari pada pengujian baterai jenis MNC dan akan lebih sulit mendapatkan nilai kecepatan tertinggi. Pengukuran yang didapat dari kecepatan tertinggi yang dapat dihasikan oleh baterai dengan jenis NCA dan jenis MNC menenggunakan sensor hall effect sebagai penentu rpm serta dirpm tersebut di konversikan menjadi km/h. Dalam pengujian berbandingan kecepatan dapat di lihat bahwa nilai yang dicapai hampir sama dan semakin berat pengguna maka nilai dari hasil perhitungan akan lebih sulit mendapatkan nilai kecepatan tertinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknik Elektro Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknik Tenaga Elektrik Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknik Elektronika |
Divisions: | Jurusan Teknik Elektro > Prodi D4 Teknik Otomasi > Skripsi |
Depositing User: | Komang Agus Widyatmika |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 12:15 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 23:34 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3645 |
Actions (login required)
View Item |