Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Hotel Di Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Gianyar

Supirman, I Wayan Bian Adi and Utami, Made Ayu Jayanti Prita and Sukarta, I Wayan (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Hotel Di Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Gianyar. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744134_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (135kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744134_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (540kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Abstrak. Terciptanya kepuasan atas pelayanan jasa yang diberikan instansi pemerintahan dapat menjadikan hubungan antara instansi dengan masyarakat menjadi harmonis, yang selanjutnya akan membawa dampak yang menguntungkan bagi pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan wajib pajak hotel di BPKAD Kabupaten Gianyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak hotel yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 65 responden. Sumber data utama pada penelitian ini adalah tanggapan responden atas kuesioner yang disebarkan. Alat analisis utama yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan disiplin kerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak hotel pada BPKAD Kabupaten Gianyar baik secara parsial maupun simultan. Penelitian selanjutnya sebaiknya ditambahkan variabel selain kualitas pelayanan dan disiplin kerja yang dapat mempengaruhi kepuasan, seperti lokasi yang startegis serta kemudahan akses layanan.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Wayan Bian Adi Supirman
Date Deposited: 30 Sep 2022 00:37
Last Modified: 30 Sep 2022 00:37
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3683

Actions (login required)

View Item View Item