Pelayanan Breakfast Buffet Menu oleh Pramusaji pada Taman Gita Terrace Intercontinental Bali Resort

Putra, I Made Dwika Widiana and Kanah, Kanah and Sadguna, I Gde Agus Jaya (2022) Pelayanan Breakfast Buffet Menu oleh Pramusaji pada Taman Gita Terrace Intercontinental Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823143_0012047004_0010028504.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (775kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823143_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

InterContinental Bali Resort merupakan salah satu hotel yang berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. InterContinental Bali Resort memiliki beberapa department yang menunjang operasional hotel guna memberi pelayanan yang maksimal diantaranya, Human Resource Department, Engineering Department, Sales & Marketing Department, Finance Department, Food & Beverage Department, Front Office Department, Housekeeping Department, Spa & Recreation Department, Loss Prevention (Security) Department. Setiap department saling berkaitan satu sama lain guna memaksimalkan operasional salah satu department yang berperan penting dalam operasional adalah Food & Beverage Service Department. Food & Beverage Service Department secara umum berfungsi untuk menangani atau melayani dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun tidak di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta professional. Food & Beverage Service Department memiliki 6 restoran yaitu : Taman Gita Terrace, Jimbaran Garden, KO Japanese Restaurant, Bella Cucina, Sunset Beach Bar and Grill, dan Club InterContinental Lounge. Setiap outlet Food & Beverage Service Department tersebut memiliki menu dan cara penyajian yang berbeda seperti contohnya pada Taman Gita Terrace. Taman Gita Terrace merupakan speciality breakfast restaurant yang menyajikan makanan khas Indonesia, Asian & Western. Restoran ini merupakan salah satu restaurant yang dimiliki oleh InterContinental Bali Resort, memiliki design interior yang mewah. Taman Gita Terrace memiliki menu buffet yang beragam dan menu a’la carte. Pada Taman Gita Terrace memiliki beberapa menu breakfast special. Menu breakfast special merupakan menu a’la carte yang disajikan untuk tamu seperti egg benedict with salmon or ham, avocado toast, vegetable toast, dan crepes. Selain menu a’la carte di Taman Gita Terrace memiliki breakfast buffet menu yang sangat lengkap dan di lengkapi dengan live station, para tamu bisa melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan hidangan tersebut. Di breakfast menu hidangan yang special yaitu local dish, Japanese, dan Western. Local dish yang dihidangkan di Taman Gita Terrace yaitu lawar, karedok, gado- gado, dan tipat cantok. Untuk Japanese dish yang dihidangkan yaitu California roll, tamago sushi, vegetable sushi, dan miso soup. Adapun untuk western dish yang dihidangkan yaitu jenis American breakfast dengan menu makanan antara lain : sausage chicken or beef, bacon beef or pork, egg, roasted chicken or beef, sautéed red bean, dan sautéed mushroom. Sajian yang terhidang di restaurant tidak akan terasa nikmat di lidah para tamu apabila tidak disertai dengan pelayan yang maksimal oleh pramusaji. Dalam hal ini pramusaji memiliki peranan penting dalam memberi pelayanan sesuai dengan SOP dan peraturan protocol kesehatan yang berlaku di masa pandemic ini kepada tamu demi terciptanya kenyamanan dan keselamatan pada saat tamu menikmati breakfast di Taman Gita Terrace. Selain itu pelayanan yang dilakukan di Taman Gita Terrace yaitu self-service, para tamu mengambil sendiri makanan apa yang diinginkan yang sudah disajikan di area buffet. Walaupun self-service, peran pramusaji tidak bisa dianggap sepele karena pramusaji akan selalu menyambut tamu, melakukan offering kepada tamu dan apabila tamu tersebut pertama kali melakukan breakfast di Taman Gita Terrace maka tugas pramusaji untuk melakukan buffet tour terhadap tamu tersebut. Offering guest yaitu sikap pramusaji kepada tamu untuk selalu menanyakan kebutuhan apa yang diperlukan oleh tamu tersebut. Apabila tamu tersebut memesan coffee dan sudah akan habis, maka pramusaji di Taman Gita Terrace harus menanyakan apakah ingin tambahan coffee. Apabila tamu tersebut tidak ingin menambah coffee, maka pramusaji akan menawarkan fresh juice, dan apabila tamu tersebut menolak untuk di-serve fresh juice, maka pramusaji di Taman Gita Terrace harus melakukan offering a’la carte menu yang ada di Taman Gita Terrace, dan apabila tamu tersebut tidak include breakfast maka tugas pramusaji di Taman Gita Terrace harus memberikan informasi kepada tamu untuk a’la carte menu dikenakan additional charge. Selan itu, di Taman Gita Terrace menyediakan pass around, seorang pramusaji melakukan pass around untuk up selling atau mempromosikan makanan-makanan dari outlet selain Taman Gita Terrace. Seorang pramusaji juga menjual jamu kayu manis diproduksi oleh para staff di Taman Gita Terrace pada saat pass around tersebut. Dari uraian di atas penulis tertarik untuk mengangkat topik untuk dibahas dalam Tugas Akhir dengan judul “Pelayanan Breakfast Buffet Menu Oleh Pramusaji Pada Taman Gita Terrace InterContinental Bali Resort”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Made Dwika Widiana Putra
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:30
Last Modified: 30 Sep 2022 03:30
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item