Penerapan Konsep Green Hotel oleh Staf Front Office dalam Upaya Meningkatkan Green Customer Behaviour di Bali Mandira Beach Resort & Spa

Wardana, Ni Putu Lia Grahaini and Wendri, I Gusti Made and Mataram, I Gusti Agung Bagus (2022) Penerapan Konsep Green Hotel oleh Staf Front Office dalam Upaya Meningkatkan Green Customer Behaviour di Bali Mandira Beach Resort & Spa. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_1815834017_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93303_1815834017_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (309kB)
Official URL: https://respository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep green hotel oleh Front Office dalam upaya meningkatkan green customer behaviour dan mengetahui apakah penerapan konsep green hotel oleh staf Front Office mampu dalam meningkatkan green customer behaviour. Penentuan informan sebagai sumber data dalam penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Infroman dalam penelitian ini yaitu staf reception, operation manager, housekeeping dan gardener. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui awancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Penerapan konsep green hotel di Bali Mandira Beach Resort & Spa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pengunjung agar ikut berpartisipasi menerapkan konsep green yang bertujuan untuk meminimalisir kerusakan lingkungan. Penerapan green yang ingin diciptakan melalui beberapa hal yaitu kebijakan manajemen, teknologi inovatif dan pengetahuan karyawan. Penerapan konsep green yang diberikan atau diedukasi oleh staf reception diharapkan mampu meningkatkan perilaku green dari customer. komunikasi yang intens dengan tamu akan menarik tamu untuk berpartisipasi menerapkan green. Ada tiga item yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen yang dapat memotivasi untuk berperilaku green yaitu pengetahuan terhadap lingkungan, sikap dan terhadap lingkungan dan tindakan pro-lingkungan.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Lia Grahaini Wardana
Date Deposited: 29 Sep 2022 21:42
Last Modified: 22 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item