Implementasi Green Service Quality Front Office Department di Amarterra Villa Bali Nusa Dua

Bimarthana, Bayu and Armoni, Ni Luh Eka and Elistyawati, Ida Ayu (2022) Implementasi Green Service Quality Front Office Department di Amarterra Villa Bali Nusa Dua. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834063_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834063_0026106308_0014076704_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Implementasi Green Service Quality Front Office Department Di Amarterra Villa Bali Nusa Dua”. Latar belakang pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi green service quality front office yang di terapkan oleh Amarterra Villa Bali Nusa Dua. Data diperoleh melalui hasil observasi, menyebarkan kuesioner kepada 60 tamu yang menginap di Amarterra Villa Bali Nusa Dua, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah servqual dan analisis IPA (Importance Performance Analysis). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu menggunakan data dari hasil pengolahan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh indikator bernilai positif. Pelayanan hijau yang berikan sudah baik, karena seluruh indikator bernilai positif. Maka dari pada itu layanan hijau yang diberikan oleh staff front office Amarterra Villa Bali Nusa Dua sudah baik. Selanjutnya, berdasarkan hasil Importance Performance Analysis menunjukkan posisi tiap-tiap indikator dalam Diagram Kartesius, ditemukan indikator yang menjadi prioritas untuk diperbaiki dan indikator yang harus dipertahankan. Indikator pada kuadran A yang merupakan prioritas untuk diperbaiki tentang area Front Office menggunakan lampu hemat energi atau LED. Indikator pada kuadran B yang merupakan prestasi yang perlu dipertahankan tentang staff front office mampu membuat tamu merasa nyaman dan seperti rumah sendiri, staff front office memberikan sifat sopan kepada pelanggan, staff front office mengelola untuk memuaskan tamu dan mengantisipasi kebutuhan tamu dengan baik, staff front office memberikan layanan yang handal dan tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan, staff front office peduli dengan kondisi tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Gede Bayu Bimarthana
Date Deposited: 29 Sep 2022 22:01
Last Modified: 29 Sep 2022 22:01
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item