Prosedur Penanganan Laporan Nasabah Walk-in pada PT Mandiri Utama Finance Cabang Denpasar

Budisunata, Ni Made Prabawati and Prayustika, Putu Adriani and Widiantara, I Made (2022) Prosedur Penanganan Laporan Nasabah Walk-in pada PT Mandiri Utama Finance Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713038_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713038_0001048404_0018027901_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (575kB)

Abstract

Laporan nasabah walk-in merupakan sebuah layanan yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah untuk mengajukan beberapa laporan kepada perusahaan dengan pelaporan yang dilakukan secara langsung ke perusahaan. Layanan laporan yang bisa diajukan terdiri dari 3 (tiga) jenis yaitu laporan permohonan, laporan informasi, dan laporan keluhan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui prosedur penanganan laporan nasabah ¬walk-in, kemudian untuk mengetahui jenis-jenis laporan nasabah walk-in, serta untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami dan bagaimana solusi yang diterapkan untuk kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur yang diterapkan dalam penanganan laporan nasabah walk-in sudah sesuai dengan SOP perusahaan. Jika dalam kondisi Customer Service tidak dapat memberikan jawaba secara langsung, maka akan dilakukan eskalasi penanganan laporan sesuai ketentuan yang berlaku. Laporan nasabah walk-in terdiri dari 3 (tiga) jenis yaitu laporan informasi, laporan permohonan, dan laporan keluhan. Kendala yang dialami selama proses penanganan laporan nasabah walk-in yaitu keterlambatan nasabah dalam memahami penjelasan yang diberikan oleh Customer Service, kemudian terdapat nasabah yang belum memenuhi persyaratan dokumen yang diperlukan, dan terdapat kendala yang berasal dari sistem perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perbankan
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Made Prabawati Budisunata
Date Deposited: 28 Sep 2022 14:59
Last Modified: 28 Sep 2022 14:59
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item