Widari, Ni Putu Novianti and Oka, I Made Darma and Harisal, Harisal (2022) Pelayanan Brand Standard Hostess dalam Breakfast di Taman Gita Restaurant Intercontinental Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full text)
RAMA_93402_1915823076_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover- Bab 1,Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823076_0020106508_0001108404_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (591kB) |
Abstract
Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bagian bangunan untuk menyediakan pelayanan jasa penginapan yang dilengkapi juga dengan pelayanan makanan dan minuman, serta jasa lainnya yang dikelola secara komersial. Hotel menyediakan berbagai fasilitas yang baik dan lengkap untuk menunjang kepuasan tamu. Selain menyediakan berbagai fasilitas, hotel juga memiliki staf yang berkualitas dan profesional untuk menunjang kenyamanan tamu selama berada di hotel. Di Bali terdapat banyak jenis hotel, mulai dari hotel melati sampai hotel mewah berbintang lima. Keberadaan banyak hotel di Bali menunjukkan bahwa semakin pesatnya pertumbuhan industri perhotelan di Bali, Salah satu hotel terkenal di Bali adalah InterContinental Bali Resort. InterContinental Bali Resort merupakan resort berbintang lima yang mempunyai beberapa department yang mendukung dalam operasional yang berlangsung. Department yang ada di InterContinental Bali resort yaitu: front office department, housekeeping depatment, food and beverage service department, food and beverage product department, quality continous improvement department, human resources department, dan lain sebagainya Dari banyaknya department diatas yang berperan penting dalam operasional di InterContinental Bali Resort, maka dari itu terdapat Brand Standar atau disebut Standar Operasional Prosedur di InterContinental Bali Resort. 3 InterContinental Bali Resort berada di bawah brand terbesar di Dunia yang dinamakan InterContinental Hotel Group (IHG). Brand ini mempunyai Visi “True Hospitality for Good” yang mempunyai makna keramah tamahan sejati, pelayanan baik yang diberikan untuk tamu. InterContinental Hotel Group (IHG) terdapat IHG Values “winning ways” terdiri dari : do the right thing (melakukan tindakan yang baik, dan benar sesuai dengan Brand Standard), show we care (menunjukan rasa kepedulian), aim higher (menuju target dan cita- cita yang lebih tinggi), celebrate difference (Menghargai Perbedaan), work better together (bekerja sama lebih baik) dan inilah yang diterapkan dalam kegiatan Operasional di InterContinental Bali Resort terutama di food and beverage service section. Selain Itu brand ini mempunyai istilah true Hospitality yang terdiri dari true attitude (Sikap yang seharusnya), true confidence (Percaya diri), true listening (Mendengarkan dengan baik didalamnya terdapat stop what to do, eyes contact, body language, take a note, repeat,don’t interrupt). Sebelum menjadi keluarga besar InterContinental Bali resort, para trainee dan karyawan akan diberikan pemahamam terkait IHG Commitment yang merupakan komitmen Brand standard yaitu : room to be yourself, room to be involved, room to grow, room for you. InterContinental Bali Resort mempunyai visi “our guest want to return” yang mempunyai makna tamu ingin kembali, dengan visi ini para karyawan yang telah diberikan pemahaman terkait brand standard akan menerapkan pelayanan yang baik, benar dan mengutamakan tamu dengan memberikan pelayanan penuh perhatian,dan menunjukkan kepedulian kepada tamu. Sehingga tamu akan merasa dihargai, dan 4 diperlakukan dengan sangat baik serta ingin kembali menginap di InterContinental Bali Resort Hotel. Dengan brand standard inilah jika semua karyawan dapat menerapkannya dengan baik maka akan meningkatkan kualitas pelayanan yang baik kepada tamu serta memberikan kesan dan kenangan terbaik bagi tamu sehingga tamu ingin kembali menginap di InterContinental Bali Resort, dan dapat meningkatkan revenue hotel. Food and beverage merupakan department yang berperan penting dalam pelayanan serta kualitas makanan dan minuman yang ada di InterContinental Bali Resort. Dan food and beverage service merupakan section yang bertugas untuk memastikan kenyaman tamu terhadap pelayanan di Restoran. Terdapat beberapa restoran yang ada di InterContinental Bali Resort antara lain : Taman Gita Restoran, Jimbaran Garden, Sunset Beach Grill, KO Japanese Restaurant. Taman Gita Restaurant merupakan restoran yang melayani breakfast, dari pukul 06.30 hingga 10.30, Restoran ini menyediakan makanan lokal, regional maupun internasional dari berbagai negara seperti Indonesia, Chinese, Japanese, dan Internasional. Restoran ini juga mempunyai event floating breakfast dan makanan yang disajikan yaitu american breakfast .Taman Gita Restoran, terdapat beberapa seksi yaitu cashier, hostess, dan waitress. Penulis sebagai hostess, mendapat tugas untuk menyambut tamu, memperkenalkan buffet area, menawarkan spesial menu kepada tamu, taking order dan closing. Hostess merupakan peran yang penting saat operasional di Taman Gita Restaurant.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Putu Novianti Widari |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 22:14 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 22:14 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3753 |
Actions (login required)
View Item |