Implementasi Komunikasi Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Daya Tarik Wisata Jatiluwih, Tabanan)

Purwani, Ni Kadek Intan Milinia and Wirga, I Wayan and Supiatni, Ni Nyoman (2022) Implementasi Komunikasi Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Daya Tarik Wisata Jatiluwih, Tabanan). Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_2115764018_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (314kB)
[img] Text (Surat Pernyataan bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_2115764018_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (370kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Perkembangan media sosial di era revolusi industri 4.0 menjadi penanda penting perubahan mode komunikasi yang semakin cepat dan interaktif. Pengelola Daya Tarik Wisata Jatiluwih memanfaatkan masifnya penggunaan media sosial sebagai kanal digital dalam memasarkan DTW Jatiluwih. Pengelola DTW Jatiluwih membuat akun media sosial dan melakukan strategi digital marketing menggunakan akun tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi digital marketing manajemen DTW Jatiluwih dalam memasarkan DTW Jatiluwih dan menjelaskan dampak penerapan digital marketing terhadap promosi pariwisata jatiluwih. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Penentuan responden sebagai informan dipilih melalui pencarian orang-orang yang berkompeten dan representatif dalam menggali informasi yang dibutuhkan. Wawancara dilakukan dengan staf promosi pengelola DTW Jatiluwih serta pengunjung wisata jatiluwih. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa implementasi digital marketing untuk manajemen DTW Jatiluwih melalui beberapa tahapan yaitu pertama, pemilihan Platform, kedua, perencanaan konten, dan ketiga produksi konten. Strategi produksi konten dilakukan dengan mempertimbangkan awareness, update pattern, strategi pembuatan konten, dan menjaga interaksi intensif dengan followers. Akibat dari strategi digital marketing tersebut, terjadi perubahan signifikan di DTW Jatiluwih sebelum dan sesudah intensifnya keberadaan digital marketing. Proses perubahan tersebut dapat dilihat dari pertama, citra DTW Jatiluwih yang semakin baik di mata masyarakat secara samar, kedua peningkatan kunjungan wisatawan DTW Jatiluwih secara signifikan dibandingkan sebelum adanya pemasaran digital dan ketiga peningkatan peningkatan di DTW Jatiluwih sebagai lahan penghidupan ekonomi bagi warga sekitar karena banyaknya restoran, gerai, dan penginapan di kawasan DTW Jatiluwih. Kata kunci: Digital marketing, Daya Tarik Wisata Jatiluwih, Pariwisata, Sosial media

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Kadek Intan Milinia Purwani
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:38
Last Modified: 30 Sep 2022 02:38
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item View Item