Purwani, Ni Kadek Intan Milinia and Wirga, I Wayan and Supiatni, Ni Nyoman (2022) Implementasi Komunikasi Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata(Studi Kasus Pada Daya Tarik Wisata Jatiluwih, Tabanan). Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_2115764018_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (310kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_2115764018_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (370kB) |
Abstract
Abstrak : Perkembangan media sosial di era revolusi industri 4.0 menjadi penanda penting perubahan mode komunikasi yang semakin cepat dan interaktif. Pengelola Daya Tarik Wisata Jatiluwih memanfaatkan masifnya penggunaan media sosial sebagai kanal digital dalam memasarkan DTW Jatiluwih. Pengelola DTW Jatiluwih membuat akun media sosial dan melakukan strategi digital marketing menggunakan akun tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi digital marketing manajemen DTW Jatiluwih dalam memasarkan DTW Jatiluwih dan menjelaskan dampak penerapan digital marketing terhadap promosi pariwisata jatiluwih. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Penentuan responden sebagai informan dipilih melalui pencarian orang-orang yang berkompeten dan representatif dalam menggali informasi yang dibutuhkan. Wawancara dilakukan dengan staf promosi pengelola DTW Jatiluwih serta pengunjung wisata jatiluwih. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa implementasi digital marketing untuk manajemen DTW Jatiluwih melalui beberapa tahapan yaitu pertama, pemilihan Platform, kedua, perencanaan konten, dan ketiga produksi konten. Strategi produksi konten dilakukan dengan mempertimbangkan awareness, update pattern, strategi pembuatan konten, dan menjaga interaksi intensif dengan followers. Akibat dari strategi digital marketing tersebut, terjadi perubahan signifikan di DTW Jatiluwih sebelum dan sesudah intensifnya keberadaan digital marketing. Proses perubahan tersebut dapat dilihat dari pertama, citra DTW Jatiluwih yang semakin baik di mata masyarakat secara samar, kedua peningkatan kunjungan wisatawan DTW Jatiluwih secara signifikan dibandingkan sebelum adanya pemasaran digital dan ketiga peningkatan peningkatan di DTW Jatiluwih sebagai lahan penghidupan ekonomi bagi warga sekitar karena banyaknya restoran, gerai, dan penginapan di kawasan DTW Jatiluwih. Kata kunci: Digital marketing, Daya Tarik Wisata Jatiluwih, Pariwisata, sosial media
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Kadek Intan Milinia Purwani |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:08 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:08 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3829 |
Actions (login required)
View Item |