Perekrutan Housekeeping Intern Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Hotel The Ritz-Carlton, Bali

Wicaesarani, Kezia Emmanuelle and Antara, Dewa Made Suria and Sudarmini, Ni Made (2022) Perekrutan Housekeeping Intern Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Hotel The Ritz-Carlton, Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823073_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab I, Bab V dan Referensi)
RAMA_93402_1915823073_0015096410_0026056411_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (269kB)

Abstract

Perekrutan Housekeeping intern selama masa pandemi covid-19 pada hotel The Ritz-Carlton, Bali memiliki 3 tahapan, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Pada tahap persiapan dibagi menjadi 2, yaitu: persiapan diri dan persiapan kerja. Tahap persiapan diri terdiri dari: kehadiran (attendance), penampilan diri (grooming), dan seragam (uniform). Tahap persiapan kerja terdiri dari: menghidupkan komputer atau laptop dan membersihkan meja kerja. Tahap pelaksanaan dibagi menjadi 9 tahap, yaitu: pembuatan flyer perekrutan intern, pengunduhan CV kandidat intern, mencetak CV kandidat dan interview form, pembagian CV kandidat intern dan interview form, menginformasikan jadwal interview kepada kandidat, membuat link Microsoft Teams (interview pertama), proses interview pertama, memberikan informasi jadwal interview kedua, dan proses interview kedua. Selanjutnya, pada tahap akhir dari segala proses perekrutan adalah pengumuman diterima atau tidaknya seorang kandidat untuk menjadi housekeeping intern di hotel The Ritz-Carlton, Bali. Dari seluruh proses perekrutan yang dilakukan, terdapat 2 hambatan yang dialami, yaitu: belum terpenuhinya kuota Housekeeping intern karena kurangnya relasi antara hotel dengan sekolah atau perguruan tinggi dan semakin sedikitnya minat siswa atau mahasiswa dibagian Housekeeping. Solusi yang dapat diberikan adalah memperluas jaringan relasi antara hotel dengan sekolah atau perguruan tinggi, khususnya yang ada di area Bali. Hambatan yang kedua yaitu, tidak tersedianya interviewer untuk mewawancarai kandidat karena kegiatan operasional yang belum bisa untuk ditinggalkan. Solusi yang dapat diberikan mengenai hal ini, yaitu: Learning Manager menjadi orang pertama yang melakukan proses interview dan selanjutnya semua kandidat akan mengikuti proses interview kedua dengan Housekeeping Department. Kemudian proses penerimaan akan diputuskan oleh Learning Manager setelah interview dengan Housekeeping Department selesai dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Kezia Emmanuelle Wicaesarani
Date Deposited: 10 Sep 2022 12:27
Last Modified: 10 Sep 2022 12:27
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item