Aini, Clariza Lutfattul and Putrana, I Wayan and Sanjaya, Ida Bagus (2022) Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan E-Wallet PosPay di Kantor Pos Surabaya 60000. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713021_0002125703_0030076308_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (816kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713021_FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pada era digital seperti saat ini Sistem pembayaran di dunia telah mengalami evolusi perubahan. Saat ini sistem pembayaran modern sudah memasuki era Keuangan Digital dengan moda pembayaran menggunakan Electronic Money (E - money) atau dapat disebut juga sebagai Mobile Money atau Mobile Payment, di Indonesia dikenal juga dengan istilah Dompet Digital atau Electronic Wallet. Bank Indonesia mencatat presentase volume transaksi non tunai di Indonesia tumbuh sebesar 20,62 % selama lima tahun terakhir hal ini tentunya telah menggeser penggunaan transaksi uang tunai di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persaingan E-Wallet PosPay serta faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan E-Wallet PosPay. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pos Surabaya 60000 menggunakan data primer dan data sekunder dengan jumlah responden sebesar 100 karyawan dan sampel 50 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, butir pertanyaan diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 5 faktor yaitu kualitas pelayanan, promosi, citra merek, word of mouth, dan kualitas produk berdominasi sangat kuat terhadap keputusan penggunaan E-Wallet. Dimana terdapat 3 faktor yang berpengaruh sangat signifikan terhadap keputusan penggunaan yaitu faktor promosi, word of mouth, dan kualitas produk. Sedangkan untuk faktor kualitas pelayanan sangat berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan. Untuk faktor citra merek sendiri tidak berpengaruh dan tidak signifikan dalam keputusan penggunaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Bidang Ekonomi Lain Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Clariza Lutfattul' Aini |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 07:00 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 07:00 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4321 |
Actions (login required)
View Item |