Andeni, I Gusti Ayu Dewi and Triyuni, Ni Nyoman and Bagiastuti, Ni Ketut (2022) Green Communication dalam Cross Selling untuk Meningkatkan Pendapatan oleh Guest Relation pada The Royal Pita Maha Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115854056_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115854056_0031126285_0004037205.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (373kB) |
Abstract
Fenomena banyaknya hotel yang dibangun menyebabkan industri perhotelan mengalami kesulitan dalam mencapai target. Salah satu upaya yang dilakukan oleh The Royal Pita Maha untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan menerapkan green communication dalam cross selling yang dilakukan oleh guest relation. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa penerapan green communication dalam cross selling oleh guest relation pada the royal pita maha resort dan untuk mengetahui bagaimana green communication dapat meningkatkan pendapatan. metode pengumplan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara melalui teknik analisis deskriptif kualitatif. Komunikasi yang terjadi antara guest relation dan departement yang menyediakan produk produk cross selling seperti Food and Beverage Department, Spa Department dan third party dinilai belum berjalan maksimal.Terlihat bahwa komunikasi yang terjadi antara rekan kerja atau antar department lebih banyak menggunakan komunikasi lisan sehingga terdapat kendala dalam berkomunikasi dengan tamu yang menyebabkan efek tamu mengeluh dan akhirnya tamu tidak jadi membeli produk cross selling. Dampak yang ditimbulkan dari pengaruh hambatan komunikasi adalah review buruk dari tamu yang menyebabkan citra buruk hotel dimata masyarakat. Kontribusi praktis bagi bagi The Royal Pita Maha Resort dalam mengimplementasikan Green Communication dalam cross selling adalah dengan melakukan komunikasi lisan yang dilanjutkan dengan komunikasi tertulis berupa aplikasi agar dalam pelaksanaanya dapat seimbang dan juga menentukan strategi komunikasi. selanjutnya sangat penting dilakukan pelatihan terkait komunikasi dalam cross selling agar tujuan perusahaan dapat tercapai yaitu meningkatkan pendapatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Bidang Sosial Lain Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Gusti Ayu Dewi Andeni |
Date Deposited: | 09 Oct 2022 08:35 |
Last Modified: | 09 Oct 2022 08:35 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4396 |
Actions (login required)
View Item |