Implementasi Strategi Green Marketing Mix Food And Beverage Di The Nest Hotel Bali

Widiasa, Wayan and Septevany, Elvira and Triyuni, Ni Nyoman (2022) Implementasi Strategi Green Marketing Mix Food And Beverage Di The Nest Hotel Bali. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93303_2115854063_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (276kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_2115854063_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (134kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi green marketing mix di The Nest Hotel Bali. Data dikumpulkan melalui observasi partisipasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif, Matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS), Matriks External Factor Analysis Summary (EFAS), Matriks Internal-External (IE), analisis SWOT dan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan pembahasan hasil penelitian strategi green marketing mix yaitu green product, green price, green place, green promotion, memiliki 8 kekuatan dan 2 kelemahan sedangkan dari faktor eksternal ada 7 peluang dan 1 ancaman. Internal faktor The Nest Hotel Bali dengan nilai IFAS sebesar 2.99 dan nilai EFAS sebesar 2.90. Hal ini menunjukkan menunjukan bahwa posisi dari strategi green marketing mix pada The Nest Hotel Bali berada diposisi sel II pada matriks Internal-Eksternal. Pada posisi sel II menunjukan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan Food and beverage pada The Nest Hotel Bali yang dilaksanakan oleh sale & marketing berada pada tahap Strategi Pertumbuhan atau Growth Stategy dengan konsentrasi melalui integrasi horizontal. Strategi pertumbuhan ini didesain untuk mencapai pertumbuhan yang baik dalam penjualan, profit serta meningkatkan jenis produk atau jasa. Alternative strategi dapat dilihat pada matriks SWOT terdapat enam alternatif strategi yaitu strategi SO1 yaitu Melakukan promosi green secara reguler baik melaui web atau social media lainnya maupun di lokasi, SO2 yaitu Membuat menu yang bervariatif sesuai dengan product value, ST1 yaitu Melakukan promosi langsung dengan menu yang sesuai dengan daya beli wisatawan, WO1 Meningktakan green produk melalui penggunaan bahan-bahan organik dan bahan lokal, WO2 Membuat menu yang bervariatif sesuai dengan daya beli wisatwan saat ini, dan WT Menyesuaikan bahan organik dengan daya beli wisatawan. Penilaian pada matriks QSPM yang menjadi alternatif strategi yang pertma dan utama adalah SO1 yaitu Melakukan promosi green secara reguler baik melaui web atau social media lainnya dengan total score sebesar 6.33. Berdasarkan tersebut maka dapat disarankan agar The Nest Hotel bali melakukan promosi secara reguler baik melalui web, social media maupun promosi langsung di sekitar lokai. Melakukan branding dengan mempromosikan bahwa The Nest Hotel adalah menjalankan praktek green sehingga wisatawan yang eco touris akan lebih tertarik untuk ke The Nesy Hotel Bali.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Wayan Widiasa
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:58
Last Modified: 02 Nov 2022 08:58
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4452

Actions (login required)

View Item View Item