Strategi Green Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Kamar di Nusa Dua Beach Hotel & Spa

Wahyuni, Ni Luh Gayatri Dian Jaya and Damayanti, Ida Ayu Kade Werdika and Widana, I Putu Krisna Arta (2022) Strategi Green Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Kamar di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93303_2115854015_Artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (284kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_2115854015_PERNYATAAN.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (360kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Abstrak : Strategi pemasaran merupakan suatu upaya yang terpadu dalam memaparkan suatu produk, baik itu barang atau jasa demi mencapai tujuan untuk meningkatkan pelanggan, penjualan dalam menangkap peluang pasar yang lebih besar. Green marketing merupakan pemasaran ramah lingkungan untuk meminimalisir dampak rusaknya lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman sehingga dapat dirumuskan strategi green marketing yang dapat diterapkan dalam meningkatkan penjualan kamar di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kegiatan wawancara dalam jaringan, studi kepustakaan, dokumentasi serta penyebaran kuesioner dengan memilih manajemen dan staff sebagai sampel di bagian Sales & Marketing yang direkrut melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nusa Dua Beach Hotel & Spa berada pada sel 1 untuk faktor internal dan eksternal yakni pada posisi pertumbuhan. Dari analisis SWOT, strategi yang diperoleh adalah meningkatkan pemasaran melalui strategi green marketing dengan menampilkan produk unggulan hotel dan pengelolaan hotel yang hijau, memberikan harga yang dinamis mengikuti situasi dan kondisi selama Covid-19, meningkatkan kerjasama dengan online dan offline travel agent serta memanfaatkan pemasaran hotel dengan influencer dalam pemasaran hijau, memanfaatkan lokasi dekat pantai serta penggunaan arsitektur tradisional Bali sebagai daya tarik, meningkatkan kualitas pelayanan karyawan untuk bekerja sesuai SOP serta mengacu pada feed back yang diperoleh dari tamu.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Gayatri Dian Jaya Wahyuni
Date Deposited: 27 Oct 2022 09:01
Last Modified: 27 Oct 2022 09:01
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item View Item