Analisis Pengaruh Green Service Quality terhadap Customer Satisfaction di Amarterra Villas Bali Nusa Dua

Wijaya, Gde Eric Bhawa and Mataram, I Gusti Agung Bagus and Winia, I Nyoman (2022) Analisis Pengaruh Green Service Quality terhadap Customer Satisfaction di Amarterra Villas Bali Nusa Dua. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_1815834153_PERNYATAAN.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (122kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93303_1815834153_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (243kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai tingkat kepuasan tamu yang pernah merasakan, menggunakan dan dilayani oleh staff pada Amarterra Villas Bali Nusa Dua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat green service quality staff dalam upaya meningkatkan kepuasan tamu pada Amarterra Villas Bali Nusa Dua dan untuk mengetahui indikator pelayanan yang mana perlu ditingkatkan dan dipertahankan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh staff di Amarterra Villas Bali Nusa Dua. Penelitian ini menggunakan analisa lima dimensi kualitas jasa dalam model servqual (service quality). Jumlah populasi penelitian ini adalah tamu yang menginap dan pernah merasakan kualitas pelayanan staff Amarterra Villas Bali Nusa Dua sebanyak 85 respond-en dengan metode penentual sampel yaitu incidental random sampling. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan kuesioner kemudian dianalisa menggunakan Uji Servqual yang menggambarkan kesenjangan (gap) kualitas pelayanan yang menjadi harapan tamu (harapan) dan kenyataan pelayanan yang dirasakan tamu (kenyataan) yang diterima oleh tamu yang menginap di Amarterra Villas Bali Nusa Dua. Selanjutnya, dianalisa menggunakan Diagram Kartesius untuk mengidentifikasi jasa berdasarkan tingkat kepent-ingan dan kepuasan pelanggan atas mutu layanan staff Amarterra Villas Bali Nusa Dua. Dari hasil pengintegrasian metode servqual dan pengukuran diagram kartesius, atribut dominan berada pada kuadran B yang berarti Amarterra Villas Bali Nusa Dua sudah mam-pu memberikan pelayanan yang baik untuk tamu.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Gde Eric Bhawa Wijaya
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:52
Last Modified: 10 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item