Strategi Penjualan Kamar oleh Reception dalam Meningkatkan Occupancy Di St Regis Bali

Gunawan, I Made Edi and Sagitarini, Luh Linna and Ernawati, Ni Made (2022) Strategi Penjualan Kamar oleh Reception dalam Meningkatkan Occupancy Di St Regis Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115854029_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115854029_0009127902_0028126306_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (441kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari strategi penjualan kamar sehingga nantinya bisa ditentukan strategi penjualan yang terbaik untuk meningkatkan tingkat hunian kamar oleh reception di St. Regis Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, wawancara terstruktur, kuesioner dan dokumentasi. Populasi diambil dari semua reception di St. Regis Bali. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Hotel St. Regis Bali memiliki kekuatan Sarana pendukung hotel berstandar bintang 5 dan berbasis green hotel.Produk pendukung lain (pasilitas hotel) dapat meningkatkan penjualan kamar.Penggambaran tentang hotel yang berbasis green hotel melalui resort tour, Informasi yang diberikan kepada para tamu (Brosur hotel,web hotel,atau informasi lainnya)sangat efektif dalam penjualan kamar sedangkan kelemahannya adalah Menawarkan kamar yang lebih mahal terlebih (up selling) dalam penjualan kamar serta penjualan kamar yang dilakukan kepada para tamu yang datang untuk menikmati pasilitas hotel (SPA, Restoran, BAR dan yang lainya)(cross selling) kurang efektif dalam meningkatkan penjualan kamar.Saran yang di berikan kepada manajemen St Regis Bali adalah memberikan pengetahuan dan pelatihan teknik penjualan kamar kepada reception dalam meningkatkan penjualan kamar,memberikan rewards kepada reception sebagai appresiasi dan motivasi kepada mereka yang telah berkontribusi dalam peningkatan tingkat hunian kamar,menggabungkan dan memilih tehnik penjualan kamar yang paling efektif dalam meningkatkan occupancy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Made Edi Gunawan
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:44
Last Modified: 12 Oct 2022 04:44
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item