Implementasi Green Practice pada Plantation Restaurant di Double-Six Luxury Hotel Seminyak Bali

Swastika, I Ketut and Suarta, I Ketut and Bagiastuti, Ni Ketut (2022) Implementasi Green Practice pada Plantation Restaurant di Double-Six Luxury Hotel Seminyak Bali. Repository Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_9330_ 2115854051_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (168kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_9330_2115854051_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (54kB)
Official URL: https://repository.pnb.a.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan tamu terhadap praktik green restaurant di Plantation Restaurant di Double-Six Luxury Hotel Seminyak, Berdasarkan observasi awal. Hotel Double-Six telah melakukan upaya untuk menerapkan konsep green hotel yang dapat dilihat dari kebijakan penggunaan fasilitas yang ramah lingkungan dan hemat energi, seperti lampu LED yang hemat energi, peralatan elektronik otomatis, dan peralatan yang menggunakan sensor yang dapat menghemat penggunaan energi listrik. Selain fasilitas hotel yang ramah lingkungan, mereka juga menyiapkan Green Team yang bertugas memastikan operasional hotel dan staf telah bekerja tentang keindahan lingkungan. Selain itu, peneili-tian ini juga bermaksud untuk mengetahui penerapan dari Green Practice di Restoran plantation yang ada di Double six Luxury Hotel Seminyak Bali. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan konsep Green Restoran yang ada di Luxury Hotel Seminyak Bali sudah berjalan sesuai dengan green action, green food dan Green Donation. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, lokasi dan waktu penelitian berada di Plantation Restaurant dari April 2022 sampai Juli 2022. Objek penelitian dan identifikasi variabel adalah Green Practices (green action, green food, dan green donasi). Metode yang digunakan adalah wawancara dan diskusi kelompok terfokus dengan staf dan manajemen Restoran Plantation dan tamu atau pelanggan Restoran Plantation. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah manajemen hotel dan restoran telah melakukan penerapan praktik green restaurant dan perlu lebih konsisten dan pelanggan Plantation Restaurant merespon untuk mendukung praktik green restaurant di Plantation Restaurant, Double-Six Luxury Hotel Seminyak.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ketut Swastika
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:43
Last Modified: 25 Oct 2022 04:44
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4561

Actions (login required)

View Item View Item