Penerapan Green Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Kamar di Fame Hotel Gading Serpong

Purnomo AP, Bambang and Aryana, I Nyoman Rajin and Antara, Dewa Made Suria (2022) Penerapan Green Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Kamar di Fame Hotel Gading Serpong. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93303_2115854012_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_2115854012_Pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (180kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan green marketing untuk meningkatkan penjualan kamar di Fame Hotel Gading Serpong. Green marketing itu sendiri adalah suatu upaya hotel untuk menyediakan produk dan fasilitas yang ramah lingkungan bagi tamunya. Segala bentuk informasi tentang hotel dan juga menu di restaurant merupakan salah satu contoh kegiatan yang ramah lingkungan, di mana hotel melakukan penghematan yang berpengaruh pada tindakan yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan green marketing yang dapat meningkatkan penjualan kamar. Instrumen utama pengumpulan data adalah melalui proses wawancara dengan Tim Sales & Marketing Fame Hotel Gading Serpong yang menunjukkan bahwa hotel telah menerapkan green marketing di lingkungan hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tamu mulai sadar dan ikut berperan serta dalam kelestarian lingkungan, dan ditunjukkan dengan adanya komen positif mengenai pemakaian botol tumbler sebagai pengganti air minum dalam kemasan plastik, kemudian juga adanya komentar mengenai penggantian buku informasi hotel menjadi quick response (QR) code dalam rangka penghematan pemakaian kertas. Di samping itu hotel telah menerapkan beberapa signage tentang ajakan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan. Penerapan green marketing mempunyai pengaruh yang positif dan baik terhadap peningkatan penjualan kamar. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, adaptasi penerapan green marketing perlu dilakukan untuk melestarikan lingkungan dan juga untuk pihak hotel dapat meningkatkan penjualan kamar.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Bambang Purnomo Ap
Date Deposited: 28 Oct 2022 21:57
Last Modified: 28 Oct 2022 22:00
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4585

Actions (login required)

View Item View Item