Analisis Menu Green Food sebagai Main Course untuk Meningkatkan Penjualan Makanan di Ayung Garden Restaurant, The Royal Pita Maha Resort

Widana, I Nengah and Antara, Dewa Made Suria and Arjana, I Wayan Basi (2022) Analisis Menu Green Food sebagai Main Course untuk Meningkatkan Penjualan Makanan di Ayung Garden Restaurant, The Royal Pita Maha Resort. Publication. (Unpublished)

[img] Text (Artikel)
RAMA_93303_2115854062_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (259kB)
[img] Text (Surat Pernyataan)
RAMA_ 93303_ 2115854062_ Pernyataan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (525kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis menu green food sebagai main course di Ayung Garden Restaurant, The Royal Pita Maha Resort serta strategi yang dilakukan dalam penerapan menu engineering dalam upaya meningkatkan penjualan makanan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan teknik analisis menu engineering dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Ayung Garden Restaurant. Hasil penelitian menunjukkan dari 21 menu main course green food yang ada terdapat 13 menu atau sebesar 61,9% masuk ke dalam tingkat popularitas tinggi dan terdapat 8 menu atau sebesar 38,1 % masuk ke dalam tingkat popularitas rendah. Sedangkan menu yang memilki tingkat kontribusi margin tinggi yaitu sebanyak 10 menu atau sebesar 47,6% dan menu yang memiliki tingkat kontribusi margin rendah yaitu sebanyak 11 menu atau sebesar 52,4 %. Selanjutnya dari 21 menu main course green food yang ada terdapat 7 menu atau sebesar 33,3 % masuk kedalam kategori Stars, sebanyak 6 menu atau 28,6% masuk kedalam kategori plowhors, 3 menu atau 14,3 % masuk dalam kategori puzzles, dan terdapat 5 menu atau sebesar 23,8% masuk ke dalam kategori dogs. Berdasarkan hasil analisis maka strategi yang diterapkan dalam meningkatkan penjualan yaitu dengan mempertahankan kualitas, meningkatkan efisiensi, menaikan harga jual, melakukan promosi dengan media digital, lebih inovatif dan kreatif, memanfaatkan metode trimming dalam mengolah bahan baku, menjual 100% menu organik, memposisikan Restoran Ayung Garden sebagai restoran independent serta mempertimbangkan untuk menghapus menu atau mengganti dengan menu baru.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Nengah Widana
Date Deposited: 30 Oct 2022 15:28
Last Modified: 02 Nov 2022 10:13
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item View Item