Penerapan Konsep Green Restaurant di Fave Hotel Mataram

Dikara, Beni and Santra, I Ketut and Bagiastuti, Ni Ketut (2022) Penerapan Konsep Green Restaurant di Fave Hotel Mataram. Repository Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_933303_2115854024_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (209kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_933303_2115854024_pernyataan..pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (85kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Indikator konsep green restaurant apakah yang perlu diterapkan dan dipertahankan di Fave Hotel Mataram. Upaya pencegahan kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh Lime Café Restaurant antara lain mengolah limbah cair, menghemat energi listrik dan menghemat pemakaian kertas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara terstruktur, dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan penyajian data. Green action yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bahwa kegiatan operational restoran yang dirancang dan diimplementasikan sehingga menjadi aman untuk lingkungan dan komunitas di sekitarnya. Di mana dalam kegiatan operasionalnya, green action berdasarkan pada efisiensi energi dan air dalam melakukan kegiatan operasional restorannya. Manfaat penerapan konsep green restaurant yang dilakukan oleh Lime Cafe & Restaurant adalah menjaga ke-lestarian lingkungan dengan melakukan pengomposan, pengelolaan limbah, serta pengurangan penggunaan bahan-bahan pembersih kimia berbahaya, efisiensi energi dan penggunaan air yang memberi kontribusi ramah lingkungan bagi masyarakat sekitar. Selain itu, konsep ini juga menghasilkan green product dari penggunaan bahan-bahan organik dalam pembuatan makanan, meningkatkan green customer behaviour melalui sosialisasi dan edukasi yang dilakukan secara aktif baik di lingkungan restoran maupun di luar restoran.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Beni Dikara
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:26
Last Modified: 02 Nov 2022 11:19
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4610

Actions (login required)

View Item View Item