Penerapan Green Hotel dalam Meningkatkan Green Behavior Staf pada Front Office Departement di Hitel Komune and Beach Club Bali

Dewantari, Desak Nyoman and Sagitarini, Luh Linna and Aryana, I Nyoman Rajin (2022) Penerapan Green Hotel dalam Meningkatkan Green Behavior Staf pada Front Office Departement di Hitel Komune and Beach Club Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115854064_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab I, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115854064_0004077508_0004077508_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (381kB)

Abstract

Penerapan green hotel dalam meningkatkan green behavior mengacu pada sejauh mana prosedur praktik green hotel dapat mempengaruhi perilaku hijau atau ramah lingkungan karyawan yang bersifat proaktif, sukarela, serta berdedikasi. Tingkat green behavior ini tergantung pada faktor sumber daya manusia, termasuk sikap individu, persepsi, penilaian kognitif, dan nilai-nilai sosial yang dianggap memperkuat implementasi inisiatif perilaku hijau. Green behavior dari para staf hotel penting untuk diperhatikan karena perannya dalam mengukur efektivitas penerapan green hotel dengan perilaku yang ditunjukkan oleh sumber daya manusia yang turut mengimplementasikan prinsip-prinsip tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan green hotel dan menganalisis penerapan green hotel dalam meningkatkan green behavior staff pada Front Office Department di Hotel Komune and Beach Club Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hotel Komune and Beach Club Bali telah menerapkan green hotel sesuai dengan pedoman atau konsep pelaksanaan green hotel. Semua penerapan aspek green hotel memperoleh respon yang sangat baik yang meliputi aspek penggunaan lahan, efisiensi energi, efisiensi air, material, kualitas udara dalam ruangan, dan manajemen lingkungan. Penerapan program-program green hotel di Hotel Komune and Beach Club Bali dapat meningkatkan green behavior staf pada Front Office Departement. Hasil yang menarik dalam penelitian ini, yaitu semua aspek dari green behavior staf termasuk dalam kategori yang memperoleh respon sangat baik. Jadi, semakin baik penerapan green hotel maka semakin meningkat green behavior staf pada Front Office Department di Hotel Komune and Beach Club Bali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Desak Nyoman Dewantari
Date Deposited: 08 Nov 2022 00:47
Last Modified: 08 Nov 2022 00:47
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4635

Actions (login required)

View Item View Item