Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Selama Pandemi Covid-19 di Aston Sunset Beach Resort Gili Trawangan Lombok Utara

Adiwinatha, Dewa Wayan and Aryana, I Nyoman Rajin and Ginaya, Gede (2022) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Selama Pandemi Covid-19 di Aston Sunset Beach Resort Gili Trawangan Lombok Utara. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA-933303-2115854027-full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA-933303-2115854027-0004077508-0019096606-part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (629kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menemukan kekuatan dan kelemahan sebagai faktor internal, untuk menemukan peluang dan ancaman sebagai faktor eksternal, dan untuk menemukan strategi alternatif yang tepat untuk diaplikasikan dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Aston Sunset Beach Resort Gili Trawangan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, FGD (Focus Group Discussion), kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatis, analisis matriks IFAS, analisis matriks EFAS, analisis matriks IE, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Aston Sunset Beach Resort Gili Trawangan. Berdasarkan matriks IFAS, kekuatan utamanya yaitu metode pembayaran yang bervariasi dan brand dari Aston itu sendiri, sedangkan kelemahan utamanya yaitu kurangnya pengetahuan seluruh karyawan mengenai produk kamar dalam melakukan upselling serta buruknya kondisi jalan serta jauhnya jarak dari pelabuhan menuju hotel. Hasil dari matriks EFAS menunjukkan bahwa peluang utamanya yaity keramahtamahan masyarakat sekitar dan daya dukung lingkungan alamnya, sedangkan gangguan utamanya yaitu kebijakan pemerintah terkait aktifitas wisatawan di destinasi wisata dan masih kurangnya penggunaan sosial media dalam mempromosikan kamar. Hasil dari matriks IE menunjukkan bahwa perusahaan berada pada sel 5 (posisi pertumbuhan). Dari hasil analisis SWOT, terdapat delapan alternatif strategi promosi dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Aston Sunset Beach Resort Gili Trawangan. Dimana strategi utamanya yaitu meningkatkan pengetahuan karyawan mengenai produk kamar, mendorong semua karyawan untuk melakukan upselling dengan menggunakan seluruh platform media sosial dan memeberikan lenih banyak promosi yang dibarengi juga dengan lebih banyak servis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Dewa Wayan Adiwinatha
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:32
Last Modified: 08 Dec 2022 01:52
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4830

Actions (login required)

View Item View Item