Analisa Pengaruh Memperbesar Inlet dan Outlet Terhadap Performa Daya dan Torsi pada Motor Bakar Type Honda Beat Fi Tahun 2013

Adnyana, I Kadek Teguh and Rahtika, I Putu Gede Sopan and Suastawa, I Wayan (2022) Analisa Pengaruh Memperbesar Inlet dan Outlet Terhadap Performa Daya dan Torsi pada Motor Bakar Type Honda Beat Fi Tahun 2013. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_21401_1915213011_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover, Bab1, Bab5, dan refrensi)
RAMA_21401_1915213011_0001047202_0004097802_Part 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (579kB)

Abstract

Dunia otomotif (khususnya sepeda motor) berkembang semakin pesat dewasa ini, yang mana juga diikuti oleh perkembangan dari berbagai komponen pendukungnya. Selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga digunakan untuk kepentingan kompetisi performance. Untuk menghasilkan sepeda motor dengan performa yang tinggi salah satunya yang paling penting adalah dengan melakukan modifikasi pada bagian engine. Modifikasi yang umum dilakukan adalah dengan melakukan modifikasi pada mesin, dimana hal tersebut dilakukan untuk memperoleh efisiensi volumetris dan thermal semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan tenaga seoptimal mungkin. Salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan tenaga seoptimal mungkin adalah dengan melakukan modifikasi pada bagian inlet dan outlet. Tujuan penelitian untuk meningkatkan performa mesin yang di lihat data daya dan torsi yang didapat dari pengujian dengan dynotest. Dalam penelitian ini dilakungan dengan pengujian langsung pada alat dynotest. Dengan dua kondisi mesin dengan inlet dan outlet standar dan kondisi mesin dengan inlet dan outlet modifikasi. Dimana ukuran standar pada inlet port 21,5 mm dan ukuran inlet port yang sudah di porting 23,5 mm dan ukuran outlet pada motor standar 19 mm dan outlet yang sudah di porting 20,5 mm ​dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari membesarnya lubang inlet dan outlet pada kendaraan sangatlah singnifikan pada torsi yang dihasilkan mesin dari pada daya yg dihasilkan mesin, dimana daya pada mesin dapat naik sebesar 0,5 Hp dan untuk torsi pada mesin naik sebesar 2,88 N.m sesuai dengan data pada tabel 4.6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik
Ilmu Teknik > Ilmu Keteknikan Industri > Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir
Depositing User: I Kadek Teguh Adnyana
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:00
Last Modified: 22 Oct 2022 07:21
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item