Pengaruh Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Insentif Non Pajak Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia

Putri, Nengah Novi Widiami and Sukasih, Ni Ketut and Sudiadnyani, I Gusti Agung Oka (2022) Pengaruh Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Insentif Non Pajak Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644036_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644036_0026026603_0008117605_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sektor otomotif merupakan sektor yang memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional. Negara Indonesia menempati peringkat pertama sebagai dengan tingkat penjualan kendaraan tertinggi di Asia Tenggara. Adanya wabah Covid -19 memberikan dampak yang besar terhadap sektor otomotif di Indonesia. Terjadi penurunan penjualan sebesar 48.8 persen dari tahun 2019 ke 2020 atau sebanyak 532.027 unit berdampak pada penurunan laba perusahaan sektor otomotif yang terdapat di Indonesia. Penurunan laba yang terjadi berdampak pada dilakukannya manajemen laba oleh pihak perusahaan untuk mempertahankan investor yang menanamkan modal pada perusahaan. Untuk menjaga perekonomian di masa pandemi, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2020 tentang Penurunan Tarif Pajak Bagi Wajib Pajak Badan Dalam Negeri yang Berbentuk Perseroan Terbuka. Penurunan tarif pajak ini dijadikan salah satu upaya yang diakukan pihak manajemen untuk melakukan manajemen laba dengan menunda pengakuan laba untuk diakui pada tahun diberlakukannya tarif pajak yang baru. Selain itu, beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya manajemen adalah insentif non pajak perusahaan yang terdiri dari earning pressure, tingkat utang, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penurunan tarif pajak dan insentif non pajak terhadap manajemen laba pada perusahaan sub sektor otomotif yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa laporan keuangan tahunan. Jenis data pada penelitian ini termasuk jenis data kuantitatif dengan metode pengumpulan data purposive sampling, sehingga diperoleh 21 data laporan keuangan selama 3 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penurunan tarif pajak dan insentif non pajak berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap manajemen laba. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan literatur mengenai faktor yang mempengaruhi terjadinya manajemen laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Nengah Novi Widiami Putri
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:29
Last Modified: 07 Oct 2022 08:21
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item