Sadanikarana Sebuah Model Komunikasi Hindu

Suamba, Ida Bagus Putu (2017) Sadanikarana Sebuah Model Komunikasi Hindu. SOSHUM Jurnal Sosial dan Humaniora, 7 (2). pp. 243-263. ISSN p-ISSN 2088-2262 e-ISSNĀ 2580-5622

This is the latest version of this item.

[img] Text (Article)
Sadharanikarana.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (Similarity Check)
19-Sadanikarana Sebuah Model Komunikasi Hindu.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
Official URL: https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/vie...

Abstract

Sistem komunikasi Hindu telah dianggap sebagai disiplin baru di bidang teori dan praktik komunikasi. Ini tidak berarti bahwa benih atau gagasan komunikasi tidak ada dalam literatur dan praktiknya sejak periode Veda. Referensi yang diambil dari bidang puisi, estetika, dan drama dalam literatur Sanskerta menunjukkan banyaknya sumber yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber utama untuk mengembangkan sistem komunikasi Hindu yang tepat. Sadharanikarakana sebagai teori generalisasi dalam ekspresi puitis dikembangkan menjadi model komunikasi Hindu di era modern. Model terdiri dari beberapa aspek, seperti sahridaya (pihak yang terlibat - pengirim dan penerima), sahridayata (keadaan kesamaan), bhava (mood), abhivyanjana (encoding), sandesha (pesan), sarani (saluran), rasawadana (yang pertama diterima, decoding dan interpretasi pesan dan akhirnya mencapai rasa), dosha (suara), dan pratikriya (umpan balik); mereka menjadi bingkisan dari keseluruhan sistem. Sebagai model komunikasi, setiap pihak terlibat dalam proses komunikasi berusaha mencapai keadaan satu kesatuan, kesamaan, keadaan umum, universalitas yang disebut sahridayata. Dengan keadaan ini, setiap perbedaan dalam berbagai bidang kehidupan dapat dilampaui menjadi saling pengertian karena kesatuan atau kesamaan telah dicapai melalui proses negosiasi makna. Dalam ranah kesatuan kebenaran trans-empiris (advaita) dengan Realitas Tertinggi (disebut Brahman) adalah dalam bentuk rasa. Model tidak hanya melibatkan aspek material komunikasi tapi juga spiritual. Selain bersifat spiritual, model ini juga nonlinier.

Item Type: Article
Subjects: Agama dan Filsafat
Agama dan Filsafat > Ilmu Filsafat
Agama dan Filsafat > Ilmu Filsafat > Filsafat Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Publikasi
Depositing User: Ida Bagus Putu Suamba
Date Deposited: 27 Apr 2023 12:52
Last Modified: 02 May 2023 05:43
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/5145

Available Versions of this Item

  • Sadanikarana Sebuah Model Komunikasi Hindu. (deposited 27 Apr 2023 12:52) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item