Blended Learning: Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi

Dewi, Kadek Cahya and Ciptayani, Putu Indah and Surjono, Herman Dwi and Priyanto, Priyanto (2019) Blended Learning: Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Swasta Nulus, Badung Bali. ISBN 978-602-5742-56-9

[img] Text
PLT-Aa-buku blended learning ISBN.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://hermands.id/blended-learning-untuk-vokasi/

Abstract

Buku ini diperuntukkan bagi kalangan umum, rekan dosen, asisten dosen, tenaga pendidik lainnya dan mahasiswa yang sedang mempelajari mengenai konsep Blended Learning pada umumnya serta implementasi Blended Learning pada pendidikan tinggi vokasi pada khususnya. Buku ini dituangkan dalam enam (6) bab yaitu sebagai berikut: 1. Bab I membahas mengenai pendahuluan, yaitu bagaimana membangun SDM berdaya saing global yang dilanjutkan dengan pemaparan peran pendidikan dalam pertumbuhan ekonomi dan terakhir membahas isu peran pendidikan vokasi dalam menyambut Asean Economic Community 2. Bab II membahas tentang konsep dan kebijakan pembelajaran vokasi berbasis ICT. Bab ini akan mengajak pembaca untuk memahami peran ICT dalam dunia pendidikan, kebijakan mengintegrasikan ICT ke dalam pendidikan di Indonesia, dan bagaimana ICT dipandang dari segi pedagogik. 3. Bab III membahas mengenai E-learning dan Blended Learning. Diawali dengan pengertian e-learning dan blended learning. Pada bab ini juga membahas mengenai pengembangan metode pembelajaran berbasis blended learning, karakteristik blended learning, serta Penerapan blended learning. 4. Bab IV membahas tentang instructional model blended learning, yang terdiri dari empat (4) macam yaitu model rotation, model flex, model self�blended, dan model enriched-virtual 5. Bab V membahas tentang desain blended learning pada pendidikan vokasi. Pada bab ini pembaca akan dituntun langkah per langkah dalam membuat desain blended learning, yaitu diawali dengan memahami komponen sistem pembelajaran terlebih dahulu, kemudian memahami teori belajar yang melandasi pembelajaran blended learning, dan dilanjutkan dengan tahapan pengembangan model blended learning serta key success factor dari pengembangan. 6. Bab VI mengenai pengembangan model blended learning pada pendidikan vokasi, yaitu diawali dengan model Vocational Blended Leaning (VBL) dan dilanjutkan dengan implementasi model VBL pada salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia. Semoga buku ini dapat dipergunakan sebagai salah satu bahan referensi dalam mempelajari dan menerapkan Blended Learning pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Buku ini cocok untuk pemula yang baru mengenal blended learning, atau dapat juga bagi pembaca yang telah mengenal namun belum begitu mendalaminya dan sedang dalam upaya mengimplementasikan blended learning.

Item Type: Book
Subjects: Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > Matematika > Ilmu Komputer
Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Sistem Informasi
Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Publikasi
Depositing User: Kadek Cahya Dewi
Date Deposited: 27 Apr 2023 13:47
Last Modified: 25 Jul 2023 06:41
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item