Triaswara, I Nyoman Tilem and Armoni, Ni Luh Eka and Sagitarini, Luh Linna (2022) Pengelolaan Linen Berbasis Green Productivity di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834128_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834128_0026106308_0009127902_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengelolaan linen berbasis Green Productivity di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa dan untuk menganalisis kebutuhan linen di Renaissance Bali Uluwatu.Metode penggumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan yang dipilih adalah informan yang tepat mengetahui informasi yang diharapkan yaituHousekeeper atau Assistant Housekeeper sebagai informan kunci dalam mendapatkan informasi dan Room Attendant sebagai pelaku operasional untuk mendapatkan informasi penggunaan linen.Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur secara langsung bertatap muka. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dimana penulis menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, dan data yang dikumpulkan berupa hasil olah data dari masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapengelolaan linen berbasis Green Productivity di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa dapat mengurangi emisi limbah cair, memaksimalkan energi terbarukan, hingga memaksimalkan kuantitas pembersihan kamar. Namun masih ada hal yang perlu diperhatikan yaitu menggunakan pembungkus plastik dan pemilahan linen kotor kurang diperhatikan pada linen spot yang telah dicuci sebelumnya. Hasil dari kebutuhan linen di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa seluruh jenis linen kurang memenuhi standar parstock3 par linen yang dibutuhkan sehingga produktifitas dari Room Attendant kurang maksimal, diakibatkan salah satunya adalahHousekeeping Department tidak mendapat hak penuh untuk menjalankan proses pencucian linen dan pemesanan linen harus dibantu dengan De Partie.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Nyoman Tilem Triaswara |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 13:13 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 13:13 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/614 |
Actions (login required)
View Item |