Prosedur Pengelolaan Arsip Pembukaan Rekening Tabungan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Lukluk

Noviasari, Nur Ayu and Sumetri, Ni Wayan and Arsawan, I Wayan Edi (2022) Prosedur Pengelolaan Arsip Pembukaan Rekening Tabungan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Lukluk. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713022_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713022_0012036408_0001088205_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (642kB)

Abstract

Prosedur pengelolaan arsip pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lukluk memerlukan penataan arsip pembukaan rekening tabungan yang sistematis dan efisien sehingga sangat bermanfaat jika ada pihak lain yang membutuhkan dokumen sehingga nantinya dapat disajikan dengan cepat dan tepat. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui prosedur pengelolaan arsip pembukaan rekening tabungan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Lukluk dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang timbul dan cara mengatasi hambatan dalam pelaksanaan prosedur pengelolaan arsip pembukaan rekening tabungan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Lukluk. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini yakni deskriptif kualitatif yakni dengan memaparkan secara detail tentang masalah yang diteliti berdasakan data dan fakta yang diperoleh selama melakukan observasi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa adanya beberapa masalah dalam prosedur pengelolaan arsip pembukaan rekening tabungan yang disebabkan oleh berbagai kendala yaitu (1) tidak adanya fasilitas untuk menyimpan berkas sebelum diarsip, (2) tidak adanya aplikasi arsip digital khusus pembukaan rekening tabungan, (3) fasilitas dan ruangan yang kurang memadai, (4) petugas arsip yang merangkap tugas menjadi customer service, dan (5) kurangnya pengetahuan customer service mengenai prosedur arsip, menjadi alasan buruk pengelolaan arsip yang mengakibatkan arsip tercecer dan bahkan hilang yang dimana ini akan berpengaruh terhadap kegiatan perusahaan. Penelitian ini dilakukan karena nantinya dapat memberikan solusi kepada perusahaan terkait permasalahan yang ada dengan cara (1) menyediakan tempat khusus berkas yang belum diarsip seperti rak atau lemari cabinet agar arsip tidak tercecer, (2) dengan mengajukan kepada pihak Bank BRI Pusat untuk dibuatkannya aplikasi arsip pembukaan rekening tabungan, (3) dengan mengajukan proposal penambahan dana kepada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Gatot Subroto, (4) dengan merekrut pegawai baru khusus menangani arsip, dan (5) dengan mengajukan program kepada pihak BRI Pusat mengenai seminar ataupun pelatihan khusus bagi pihak customer service yang dilakukan enam bulan sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Nur Ayu Noviasari
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:15
Last Modified: 20 Sep 2022 01:15
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item