Pengalaman Memoderasi Pengaruh Skeptisisme Profesional dan Red Flag Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Fraud pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali

Dewi, Ni Luh Putu Wulan Krisna and Yasa, Ida Bagus Anom and Subiyanto, Paulus (2022) Pengalaman Memoderasi Pengaruh Skeptisisme Profesional dan Red Flag Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Fraud pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644003_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644003_0006036106_0022066108_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (623kB)

Abstract

Kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh auditor, karena merupakan suatu kualitas yang berasal dari diri seorang auditor dalam menjelaskan adanya temuan ketika melakukan tugas auditnya. Fraud terjadi dengan berbagai cara yang terus berkembang sehingga kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud perlu ditingkatkan. Permasalahan timbul ketika kasus fraud yang melibatkan kantor akuntan publik terus berkembang membuat masyarakat mulai meragukan tingkat keprofesionalan dan kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud. Kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah skeptisisme profesional, red flag, dan pengalaman, namun pengaruh beberapa faktor tersebut terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud masih menjadi perdebatan karena terdapatnya perbedaan hasil penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh skeptisisme profesional dan red flag terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud pada KAP di Provinsi Bali dengan pengalaman sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada KAP di Provinsi Bali yang terdaftar dalam directory IAPI 2021. Metode pengambilan sampel menggunakan non probabilitas dengan jenis convenience sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan melalui penyebaran kuesioner kepada 80 auditor dari 114 auditor yang bekerja pada KAP di Provinsi Bali, dari kuesioner yang disebar 75 (94%) yang kembali dan dapat diolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik permodelan dengan Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi smartPLS v.3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skeptisisme profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud pada KAP di Provinsi Bali. Red flag berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud pada KAP di Provinsi Bali. Pengalaman tidak memoderasi pengaruh skeptisisme profesional terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud pada KAP di Provinsi Bali. Pengalaman tidak memoderasi pengaruh red flag terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud pada KAP di Provinsi Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Putu Wulan Krisna Dewi
Date Deposited: 15 Sep 2022 13:22
Last Modified: 15 Sep 2022 13:22
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item