Model Corporate Social Responsibility Hotel Berbasis Filosofi Tri Hita Karana Di Kabupaten Badung Bali

Nyoman Indah Kusuma Dewi (2018) Model Corporate Social Responsibility Hotel Berbasis Filosofi Tri Hita Karana Di Kabupaten Badung Bali. EC00201811374.

[img] Text (Intelectual Property Right Certificate)
HKI1 Model CSR Tri Hita Karana Badung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (446kB)
[img] Text (Model Corporate Social Responsibility Hotel Berbasis Filosofi Tri Hita Karana)
1AhDsIScK5ITclKm6w0NjX0AgYegCX5Id - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (366kB)
[img] Text (Tambahan Screenshot Tampilan Pangkalan Data Kekayaan Intelektual yang menunjukkan keberadaan HKI ini)
Pangkalan Data Kekayaan Intelektual EC00201811374.pdf - Supplemental Material

Download (97kB)
Official URL: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC0020181...

Abstract

Pelaksanaan CSR di industri perhotelan di Bali bergerak sendiri-sendiri tanpa aturan yang jelas, sehingga ada kesan hanya untuk mengikuti apa yang menjadi kecenderungan (trend) saat ini. CSR tidak akan maksimal jika perusahaan sendiri belum faham apa itu CSR, belum menempatkan staf secata khusus sebagai pengelola CSR, belum memiliki struktur CSR, belum memiliki code of conduct, dan belum memiliki sistem administrasi CSR (Rahmatullah, 2013). Sehubungan dengan hal ini maka penelitian mengenai kesesuaian antara program CSR yang dilakukan oleh hotel dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan lingkungan di Kabupaten Badung perlu untuk dilaksanakan. Kabupaten Badung di pilih sebagai lokasi penelitian karena sebagian besar hotel di Bali berada di wilayah ini dengan kepemilikan yang beragam. CSR juga sangat erat hubungannya dengan budaya di daerah dimana hotel itu berada (Yu et al., 2012). Bali memiliki filosofi hidup yang berlandaskan atas Tri Hita Karana yang diartikan sebagai tiga penyebab terjadinya kebahagiaan yaitu adanya keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia serta manusia dengan alam lingkungannya (Windia & Dewi, 2007). Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini menggabungkan antara kesesuaian program CSR hotel dan kebutuhan masyarakat dengan konsep Tri Hita Karana. Sehingga nantinya akan diperoleh model pelaksanaan dan pengelolaan CSR yang berdasarkan atas kearifan lokal menjadi ciri khas penerapan CSR di Bali yang dilengkapi dengan prosedur standar operasional (Standard Operational Procedure – SOP).

Item Type: Patent
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Bisnis Digital > HKI
Depositing User: Nyoman Indah Kusuma Dewi
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:35
Last Modified: 21 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View Item View Item