Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Menggunakan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik pada PT Angkasa Pura I Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali

Devianita, Ni Luh Ayu Rika and Sitawati, Anak Agung Raka and Pasek, I Ketut (2022) Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Menggunakan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik pada PT Angkasa Pura I Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713032_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713032_0012086106_0020125915_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (762kB)

Abstract

Pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada PT Angkasa Pura I dilakukan secara electronic filling (e-filling) dengan menggunakan aplikasi berbasis web system yang bernama Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar menggunakan aplikasi TNDE pada PT Angkasa Pura I Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali dan mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar menggunakan aplikasi TNDE serta solusi yang dapat dilakukan dalam upaya menangani kendala tersebut. Metode penelitian Tugas Akhir ini dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan secara lengkap tentang masalah yang diteliti berdasarkan data dan informasi yang diperoleh selama melakukan observasi di lapangan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar menggunakan aplikasi TNDE pada PT Angkasa Pura I Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai sudah diterapkan dengan baik, namun masih mengalami beberapa kendala atau hal-hal yang belum dilaksanakan secara sempurna, seperti (1) koneksi internet yang kurang stabil, (2) surat masuk yang diterima pada aplikasi TNDE hilang, (3) kurangnya fitur dari aplikasi TNDE, (4) kurangnya disiplin waktu karyawan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar menggunakan aplikasi TNDE pada PT Angkasa Pura I Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali masih mengalami beberapa kendala, sehingga diperlukan pembaruan pada aplikasi TNDE dan penegasan kedisiplinan waktu staf/karyawan dalam mentaati jam kerja yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Luh Ayu Rika Devianita
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:16
Last Modified: 20 Sep 2022 01:16
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item