Rekondisi Sistem Kelistrikan Engine Trainer Toyota Corolla Seri 4A-FE LAB. Otomotif Politeknik Negeri Bali

Divarya, Putu Kevin and Suastawa, I Wayan and Suherman, I Ketut (2023) Rekondisi Sistem Kelistrikan Engine Trainer Toyota Corolla Seri 4A-FE LAB. Otomotif Politeknik Negeri Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_21401_2015213043_0004097802_0031106304_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_21401_2015213043_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proyek Akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi kerusakan dan melakukan proses rekondisi Engine Trainer Toyota Corolla seri 4A-FE secara efektif daan efisien, serta mengetahui proses kerja mesin setelah direkondisi. Proyek Akhir ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu, proses analisa kebutuhan, proses rencana rekondisi, proses rancangan anggaran biaya, rencana jadwal kegiatan, dan rencana pengujian. Analisa kebutuhan dimulai dengan menentukan kebutuhan alat dan bahan. Rencana rekondisi diawali dengan analisis kerusakan, pemeriksaan, observasi, dan pembelian komponen, serta perbaikan/ penggantian/ penambahan/ dan pengujian. Analisis kerusakan Engine Trainer Toyota Corolla seri 4A-FE dilakukan dengan cara melihat gejala yang terjadi pada mesin tersebut dan memeriksa kondisi komponen, memeriksa kinerja komponen, serta melakukan pengukuran. Proses rekondisi sistem kelistrikan mesin Toyota Corolla seri 4A-FE dilakukan melalui perbaikan/ pergantian/ penambahan komponen. Mesin Toyota Corolla seri 4A-FE yang awalnya berada dalam kondisi tidak dapat berfungsi dengan baik setelah dilakukan proses rekondisi dapat berfungsi kembali. Sistem kelistrikan mesin yang meliputi sistem pengapian sudah berfungsi dengan normal dengan hasil pengukuran dan pengujian didapat celah busi 0,8 mm, tahanan pada primary coil 1,43 K Ohm, gap antara signal rotor dan pick up coil 0,2 mm. Sistem pengisian sudah kembali normal dengan hasil pengukuran dan pengujian yang didapat 14 volt saat mesin idle, 14,2 volt saat mesin berakselarasi. Standar pengisian adalah 13-14,8 volt. Sistem starter sudah berfungsi dengan normal dengan hasil pengukuran dan pengujian yang didapat pull in test gigi pinion dalam keadaan menonjol, hold in test gigi pinion masih dalam keadaan menonjol, plunger return test gigi pinion kembali ke posisi semula. Sistem EFI sudah kembali bekerja dengan normal dengan hasil pengukuran dan pengujian yang didapat tahanan injector 1 : 16 ohm, injector 2 :15,8 ohm, injector 3 : 15,8 ohm, injector 4 : 16 Ohm, tekanan bahan bakar saat idle 280 kPa, dan ECU mengeluarkan sinyal untuk Injector 1, injector 2, injector 3, dan injector 4. Hasil pengujian menunjukan rekondisi sistem kelistrikan pada Engine Trainer Toyota Corolla seri 4A-FE sudah dapat dikatakan nomal dan dapat digunakan sebagai media praktek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Ilmu Keteknikan Industri > Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir
Depositing User: Putu Kevin Divarya
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:48
Last Modified: 05 Sep 2023 02:48
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item View Item