Implementasi Green Practice untuk Meningkatkan Pelayanan Staf Front Office Department di The Trans Resort Bali

Mesyani, Ni Putu Rening Sutania and Mataram, I Gusti Agung Bagus and Wendri, I Gusti Made (2023) Implementasi Green Practice untuk Meningkatkan Pelayanan Staf Front Office Department di The Trans Resort Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834012_0002076007_0023095811_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834012_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi green practice yang dilakukan oleh staf front office department di The Trans Resort Bali dan mengetahui implementasi green practice untuk meningkatkan pelayanan pada front office department di The Trans Resort Bali. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan penyebaran kuesioner. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan teknik sampling jenuh dengan total sampel sebanyak 30 (tiga puluh) responden dan informan sebanyak 2 (dua) orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada responden melalui penyebaran link. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pemaparan data-data secara sistematis yang diperoleh selama penelitian sehingga dapat menggambarkan situasi atau status masalah dengan jelas dan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert 5 (lima) tingkat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi green practice untuk meningkatkan pelayanan sudah dilakukan secara optimal dengan memperoleh perbandingan nilai total rata-rata pada green action 4.75, green food 4.7, dan green donation 3.77. Terdapat beberapa kegiatan yang belum optimal diterapkan yaitu pada indikator green action pengurangan limbah kertas dan plastik, dan pada indikator green donation yaitu kurang mengetahui informasi mengenai pemanfaatan pendanaan yang dikelola oleh CT. Arsa Foundation. Hal tersebut masih perlu ditingkatkan, sehingga perlu adanya usaha dari front office department yaitu dengan cara memberikan pelatihan bagi staf front office department terkait dengan penerapan green practice agar mereka selalu ingat pentingnya penerapan green practice dan dampaknya bagi hotel serta lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Rening Sutania Mesyani
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:29
Last Modified: 10 Aug 2023 07:29
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item View Item