Brand Awareness dan Market Development melalui Sinergi Customer Loyalty Program dan CSR pada Novotel Bali Benoa

Nurtirtawaty, Suci and Ernawati, Ni Made and Mudana, I Gede (2023) Brand Awareness dan Market Development melalui Sinergi Customer Loyalty Program dan CSR pada Novotel Bali Benoa. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Chapter 1, Chapter 6 and References)
RAMA_93103_2115885032_ 0028126306_0002126407_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93103_2115665032_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian terapan ini mengeksplorasi fenomena ontologis dalam konteks pengembangan citra merek pada Novotel Bali Benoa, sebuah hotel international chain berbintang lima di Bali yang berusaha untuk meningkatkan brand awareness dan market development dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, perusahaan mengadopsi strategi sinergi antara program customer loyalty dan CSR (Corporate Social Resposbility). Namun, meskipun potensi besar dari kedua program tersebut untuk meningkatkan brand awareness dan market development, belum ada penelitian yang mengeksplorasi efektivitas sinergi mereka. Oleh karena itu, penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sinergi customer loyalty program dan CSR terhadap brand awareness dan market development pada Novotel Bali Benoa, dan bagaimana perusahaan dapat mengoptimalkan program-program tersebut untuk mencapai hasil yang maksimal. Metode penelitian menggunakan survei dengan kuesioner untuk mengumpulkan data dari beberapa responden yang merupakan pelanggan dan karyawan hotel. Data diperoleh dengan kuesioner, wawancara, observasi, studi dokumen, dan focus group discussion. Data dianalis dengan teknis analisis kuantitatif. Data dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif, yaitu dengan menguji data secara validitas dan reliabilitas dengan metode analisis deskriptif dan Smart PLS. Adapun teori-teori yang digunakan adalah Teori Brand Awareness, Loyalitas Pelanggan, Sinergitas, Market Development, Relationship Marketing, dan Digital marketing. Temuan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sinergi antara program customer loyalty dan CSR berbasis nature and human-based melalui media digital marketing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap brand awareness dan market development Novotel Bali Benoa. Program customer loyalty yang efektif dapat menciptakan loyalitas pelanggan, sementara CSR berbasis nature and human-based meningkatkan citra positif perusahaan di mata konsumen. Sinergi kedua program tersebut akan menjadi lebih efektif dengan memaksimalkan media digital marketing sehingga brand awareness semakin kuat ditengah persaingan, market development terus berkembang pesat serta terciptanya loyalitas pelanggan baru yang sadar dan mendukung terciptanya sustainable tourism.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis
Depositing User: I Gusti Ayu Suci Nurtirtawaty
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:06
Last Modified: 18 Aug 2023 03:06
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6947

Actions (login required)

View Item View Item