Strategi Bersaing Konsultan Pajak Dengan Analisis SWOT (Studi Kasus Konsultan Pajak Smart Advisory Solutions)

Raharja, I Gede Agus Kerta and Subratha, I Nyoman and Sukra, I Nyoman (2022) Strategi Bersaing Konsultan Pajak Dengan Analisis SWOT (Studi Kasus Konsultan Pajak Smart Advisory Solutions). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644092_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644092_0002086212_0019126210_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (133kB)

Abstract

Strategi merupakan suatu alat perencanaan dalam mendukung sebuah usaha dalam mencapai tujuan. Strategi dilakukan untuk membantu perusahaan menentukan keputusan untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan mengetahui posisi persaingan perusahaan jika dianalisis menggunakan Strategic Advantage Profile (SAP) serta menetapkan strategi bersaing dalam mendapatkan lebih banyak dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Tahap yang pertama yaitu pengumpulan data internal berupa kekuatan dan kelemahan, dan data eksternal berupa peluang dan ancaman. Tahap kedua yaitu analisis Strategic Advantage Profile (SAP), Environmental Threat Opportunity Profile (ETOP), Diagram SWOT dan Matriks SWOT. Tahap yang ketiga yaitu tahap pengambilan keputusan untuk menetapkan strategi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran I (Agresif), yang menunjukan kekuatan untuk melihat peluang yang diambil dari strategi Strengths-Opportunities (SO). Strategi SO yang dapat dilaksanakan perusahaan antara lain berlokasi di daerah bali yang berpeluang mendapatkan lebih banyak klien lokal bahkan nasional, melakukan pelatihan sumber daya manusia, menjalin kerjasama dengan klien maupun calon klien untuk membangun kepercayaan diantara kedua belah pihak dalam dunia bisnis. Solusi lainnya dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kenyamanan bagi karyawan dalam bekerja dan melakukan pelatihan bagi karyawan untuk meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan tentang perpajakan. Kata kunci: Positioning, Analisis SWOT dan Strategi Bersaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Gede Agus Kerta Raharja
Date Deposited: 15 Sep 2022 11:56
Last Modified: 28 Sep 2022 11:30
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item View Item