Implementasi Green Practice dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu di Hotel Melia Bali

Ardita, I Wayan Janu and Triyuni, Ni Nyoman and Septevany, Elvira (2023) Implementasi Green Practice dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu di Hotel Melia Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854001_0031126285_0026098907_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854001_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi green practice di Hotel Melia Bali serta pengaruhnya dalam meningkatkan kepuasan tamu. Data diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif yang dianalisis menggunakan alat uji analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 105 responden dan 1 informan. Sampel yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu tamu yang menginap di Hotel Melia Bali dan wawancara dengan Quality Control Manager. Implementasi green practice oleh Hotel Melia Bali pada seluruh dimensinya yang meliputi green action, green food, dan green donation sudah berada dalam kriteria implementasi yang baik, hal tersebut juga didukung dengan sertifikat yang telah diraih dari badan sertifikasi yang menandakan Hotel Melia Bali telah lolos dari kriteria hotel yang menerapkan green practice. Implementasi green practice memiliki hubungan yang kuat secara positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan tamu. Apabila implementasi green practice ditingkatkan, maka nilai dari kepuasan tamu juga akan ikut meningkat. Implementasi green practice berkontribusi sebesar 65,2% dalam meningkatkan kepuasan tamu di Hotel Melia Bali, sedangkan sisanya 34,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertai dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Wayan Janu Ardita
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:41
Last Modified: 22 Aug 2023 09:41
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7037

Actions (login required)

View Item View Item