Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Hunian pada Era Pandemi Covid-19 di “Royal Caribbean Celebrity Cruise Line” (RCCL)

Pratama, Dewa Putu Yuda and Sarjana, I Made and Adnyana, Ida Bagus Artha (2022) Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Hunian pada Era Pandemi Covid-19 di “Royal Caribbean Celebrity Cruise Line” (RCCL). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_2115764003_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115764003_196012311988111001_196312311989031023_part.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Royal Caribbean Celebrity Cruise Line pada tahun 2020 menghentikan pelayaran di berbagai daerah karena pandemic Covid 19. Pada 19 Maret 2021, Celebrity Cruise Line mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan pelayaran Amerika Utara pada bulan Juni 2020. Pada situasi ini, terjadi penurunan jumlah wisatawan akibat adanya pandemic. Dalam penelitian ini, yang akan dijadikan tempat penelitian adalah Royal Caribbean Cruise Line (RCCL) Celebrity Edge. Hasil identifikasi strategi pemasaran dengan teknik pengumpulan data primer maupun sekunder digabungkan dan disusun menjadi kuesioner. Kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas disebar kepada para responden yang memiliki kompetensi sesuai penelitian ini (purposive sampling). Kusioner dilakukan peniliti untuk mengetahui strategi mana yang berpengaruh besar terhadap pemasaran Celebrity Cruise Line RCCL pada masa pandemi. Dari hasil brainstorming dan data sekunder diperoleh strategi – strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah hunian pada Celebrity Cruise Line RCCL. Adapun strategi – strategi tersebut antara lain: menawarkan promo holiday family pakage (memberikan gratis untuk anak usia 5 tahun kebawah), menambah fasilitas - fasilitas gratis untuk pengunjung seperti gratis internet unlimited selama cruise, menambah fasilitas - fasilitas gratis untuk pengunjung seperti gratis makanan dan minuman, memberikan promo diskon untuk penumpang yang melakukan extend cruise, meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, rutin melakukan stelirilisasi pada seluruh area Celebrity Cruise guna memberikan efek aman pada pengunjung, menerapkan syarat "wajib sudah vaksin covid" bagi penumpang untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung, bekerja sama dengan travel bloger & memanfaatkan sosial media untuk promosi tentang Celebrity Cruise Line RCCL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Dewa Putu Yuda Pratama
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:31
Last Modified: 20 Sep 2022 01:31
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item