Penerapan Standar Operasional Prosedur oleh Resepsionis dalam Menangani Tamu Check In di Harsono Boutique Resort Bali

Wahyuni, Ni Luh Sri and Sudiarta, Made and Buanaputra, Made Nova (2023) Penerapan Standar Operasional Prosedur oleh Resepsionis dalam Menangani Tamu Check In di Harsono Boutique Resort Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823315_0006126808_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823315_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan standar operasional prosedur oleh resepsionis dalam menangani tamu check in serta mengetahui kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini dilakukan di Harsono Boutique Resort Bali yang berlokasi di Batubulan, Gianyar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknis observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh melalui kegiatan pengamatan di lapangan dan wawancara. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal yaitu dengan menggunakan deskripsi-deskripsi yang bersifat kualitatif mengenai penerapan standar operasional prosedur oleh resepsionis dalam menangani tamu check in di Harsono Boutique Resort Bali. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standar operasional prosedur oleh resepsionis dalam menangani tamu check in telah dijalankan dengan baik, hanya saja belum dilakukan dengan maksimal. Dalam 9 tahapan persiapan check in, hanya 7 yang memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan 2 lainnya belum dilaksanakan dengan maksimal. Dalam 10 tahapan pelaksanaan check in, hanya 8 yang memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan 2 lainnya belum dilaksanakan dengan maksimal. Dalam tahap penutup proses check in, petugas resepsionis sudah melakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pihak hotel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Luh Sri Wahyuni
Date Deposited: 24 Aug 2023 13:22
Last Modified: 24 Aug 2023 13:22
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item