Evaluasi Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Menggunakan Importance Performance Analysis pada PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar

Ningsih, Gusti Agung Ayu Ketut Milenia Puspita and Suryathi, Wayan and Riyasa, Ida Ayu Putri Widiasuari (2022) Evaluasi Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Menggunakan Importance Performance Analysis pada PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744087_Artikel .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (412kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744087_Pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan serta indikator yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan dengan menggunakan importance performance analysis pada PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan menggunakan kuesioner skala likert 5 poin dengan berbentuk google form serta beberapa penyebaran langsung ke tempat penelitian. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 72 orang menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis kesenjangan (GAP), serta metode importance performance analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar masuk dalam kategori belum memuaskan. Hal ini ditandai dengan hasil perhitungan rata-rata seluruh dimensi memiliki tingkat kesesuaian sebesar 93,14% dengan nilai kesenjangan sebesar -0,30 angka tersebut berada pada skala < 100% dan nilai kesenjangan < 0. Berdasarkan hasil analisis terdapat 6 indikator pernyataan yang memiliki prioritas utama untuk ditingkatkan yaitu P8 (Tunjangan selain gaji mampu memenuhi kebutuhan hidup), P15 (Memiliki atasan yang selalu siap menyelesaikan permasalahan, P16 (Memiliki atasan yang tegas dalam menegakkan disiplin), P17 (Keberadaaan atasan yang selalu memberikan pengarahan kerja yang jelas), P20 (Adanya kesempatan yang sama untuk meningkatkan karier), P21 (Fasilitas kerja yang lengkap dan memadai dalam menunjang kinerja, kesehatan, dan kebersihan kerja).

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Gusti Agung Ayu Ketut Milenia Puspita Ningsih
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:38
Last Modified: 20 Sep 2022 01:38
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item