Analisis Penerapan E-Commerce untuk Meningkatkan Hunian Kamar di Maison At C Boutique Hotel and Spa Seminyak-Bali

Henita, Henita and Astawa, I Ketut and Astuti, Ni Nyoman Sri (2023) Analisis Penerapan E-Commerce untuk Meningkatkan Hunian Kamar di Maison At C Boutique Hotel and Spa Seminyak-Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854036_0021076107_0808098402_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854036_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan E-commerce serta untuk menganalisis skema meningkatkan pemasaran E-commerce di Maison AT C Boutique Hotel and Spa Seminyak Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan skema pemasaran berupa pemetaan skema pemasaran yang lebih berfokus ke pemasaran online yaitu E-Commerce. Dampak positif dapat dilihat dari room production yang dihasilkan oleh Booking.com, Expedia, Traveloka, Agoda dan Hotelbed mengalami kenaikan dari bulan November 2022 sampai dengan Januari 2023 sehingga jumlah occupancy mengalami peningkatan setiap bulanya. Dampak positif lainnya adalah pensitribusian harga dan inventory kamar melalui sistem channel manager hotel berpengaruh positif meningkatkan pendapatan. Hambatan dari penerapan e-commerce untuk meningkatkan hunian kamar di Maison AT C Boutique Hotel and Spa terletak pada kecepatan dan kestabilan internet di hotel, dimana internet yang digunakan di Maison AT C Boutique Hotel and Spa kadang kala mengalami kendala sehingga terjadi keterlambatan penetapan harga dan juga update inventory di online.dan juga seringnya terjadi perang harga dipasar online sehingga pengaplikasian BAR di online tidak selalu sesuai dengan format yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Henita Henita
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:29
Last Modified: 29 Aug 2023 06:29
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7375

Actions (login required)

View Item View Item