Penerapan Green Service Innovation pada Food And Beverage Department untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan di Anantara Uluwatu Bali Resort

Krisanthi, Ni Luh Putu Wiwin and Sari, I Gusti Agung Mas Krisna Komala and Antara, Dewa Made Suria (2023) Penerapan Green Service Innovation pada Food And Beverage Department untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan di Anantara Uluwatu Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_0028098802_0015096410_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (765kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854002_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis penerapan green service innovation terhadap komitmen manajemen khususnya dalam department food and beverage service, yang nantinya mengarah pada terbentuknya kinerja hijau karyawan dalam melaksanakan pekerjaan mereka di operasional. Penelitian ini dilakukan di Anantara Uluwatu Bali Resort selama tiga bulan dengan metode pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sampel yang digunakan dalam proses wawancara adalah manajemen pada lingkungan food and beverage department yang berjumlah delapan orang yaitu food & beverage manager, restaurant manager, bar manager, dan staff di seluruh department food and beverage. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan green service innovation pada Anantara Uluwatu Bali Resort sudah diterapkan namun belum optimal adapun beberapa dimensi yang sudah diterapkan yaitu seperti green packaging, green product development, green product offering, green service promotion serta green service administration dan satu dimensi yang sama sekali belum diterapkan yaitu green service. Belum optimalnya penerapan green service innovation pada Anantara Uluwatu Bali Resort disebabkan oleh beberapa faktor antara lain standar operasional prosedur (SOP) yang belum tersusun, komitmen manajemen, serta anggaran yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Putu Wiwin Krisanthi
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:16
Last Modified: 30 Aug 2023 03:16
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7416

Actions (login required)

View Item View Item