Penanganan Check In Villa Owner oleh Welcome Agent di W Bali Seminyak Hotel

Yanti, Ni Komang Ayu Kumala and Astuti, Ni Wayan Wahyu and Jendra, I Wayan (2022) Penanganan Check In Villa Owner oleh Welcome Agent di W Bali Seminyak Hotel. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823048_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text ("Cover- Bab 1, Bab 5 dan Referensi")
RAMA_93402_1915823048_0020078401_0025016005_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (707kB)

Abstract

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sudah sangat terkenal akan sektor pariwisata. Keindahan alam serta keunikan dan ragam budaya yang kental menjadikan Bali sangat istimewa di mata wisatawan dan tentunya mampu mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung dan melakukan perjalanan wisata. Mayoritas masyarakat Bali mengandalkan sektor pariwisata sebagai sumber mata pencaharian dengan bekerja di berbagai industri-industri pariwisata yang menjamur di Bali seperti akomodasi, layanan makanan dan minuman, transportasi, agen perjalanan wisata, atraksi wisata, dan lain sebagainya. Salah satu akomodasi yang terkenal di area seminyak yaitu W Bali Seminyak Hotel. Hotel ini berada di bawah property Marriott Internasional yang merupakan salah satu hotel bintang lima yang berlokasi di Jalan raya petitenget, Kelurahan Seminyak, Desa Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. W Hotel pertama kali didirikan di New York, Amerika pada Desember 1998. New York dipilih karena kota ini terkenal dengan istilah “City Never Sleep” yang artinya kota yang tidak pernah tidur. W Bali Seminyak memiliki villa sebanyak 72 Villa yang terdiri dari Marvelous One Bedroom Pool Villa sebanyak 58 villa WOW Two Bedroom Pool Villa sebanyak 10 villa EWOW Three Bedroom Pool Villa sebanyak 4 villa. Villa yang ada di W Bali Hotel bukan merupakan aset property dari Marriott Brand, bangunan villa juga terpisah dengan bangunan kamar. Lokasi villa ini jauh dari pantai, dan lebih mengutamakan ketenangan dari pada ke ramaian. View yang ditawarkan lebih mengarah pada garden view. Bangunan villa di desain seperti rumah adat yang ada di Bali. Di tengah-tengah banyaknya bangunan villa terdapat oasis yang begitu luas dan dibangun juga bale kulkul khas bangunan masyarakat Bali untuk menunjukan ciri khas yang begitu kental agar sesuai dengan konsep perumahan masyarakat Bali. Selain itu banyaknya pohon kamboja yang ikut mendukung suasana keasrian seperti perumahan yang ada di Bali. Di W Bali Seminyak, terdapat berbagai departement-departement yang memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, diantaranya: Human Resources Department, Accounting Department, Sales and Marketing Department, Front Office Department, Housekeeping Department, Food and Beverage Department, Engineering Department, dan Security Department. W Bali Seminyak memiliki bahasanya sendiri yang dikenal dengan sebutan W Lingo salah satunya ada department front office di W Bali Seminyak lebih dikenal dengan sebutan welcome department, yang memiliki peran sebagai pusat kegiatan dan pusat informasi di hotel, serta berperan dalam menangani proses kedatangan tamu dan keberangkatan tamu saat menginap di hotel. Departemen kantor depan juga berperan dalam membangun kesan pertama dan kesan terakhir bagi tamu ketika menginap di hotel. Maka dari itu, seorang front office haruslah memiliki perilaku yang baik, penampilan yang menarik dan rapi, serta didukung oleh kemampuan berkomunikasi yang baik dan memiliki wawasan yang luas akan pengetahuan hotel dan pengetahuan umum sehingga dapat menampilkan yang terbaik dihadapan tamu. Welcome department di W Bali Seminyak dibagi menjadi beberapa section, dan juga menggunakan sebutan W Lingo yaitu, Welcome Agent (Receptionist), Whatever-Whenever Service (Telepon Operator), Insider (Battler), Wired Agent (Petugas Bisnis Center), Ambassador (Bell boy), dan Concierge. Welcome agent adalah section yang menangani proses check in dan check out tamu. Whatever-whenever service adalah section yang melayani tamu 24 jam selama tamu masih menginap di hotel. Insider (Battler) adalah section yang berperan penting untuk mempromosikan produk hotel. Wired agent adalah section yang bertugas untuk membantu proses pengiriman barang dan mencetak dokumen. Ambassador (Bell boy) adalah section yang menangani barang bawaan tamu. Concierge adalah section yang menjadi pusat informasi di hotel W Bali Seminyak. Semua section memiliki peran pentng untuk memberikan kesan terbaik kepada tamu Welcome agent berperan penting menjadi first impression ketika tamu baru tiba di hotel. Pada saat melakukan proses check in, welcome agent memiliki kewajiban untuk menawarkan ritual welcome drink, yang terdiri dari rosella tea dan rose wine, serta menginformasikan kepada tamu adalanya pelayanan whatever-whenever service yaitu pelayanan istimewa apa pun yang tamu minta dan kapan pun tamu meminta selama permintaan tamu legal, maka hotel akan melayani permintaan tamu tersebut. Whatever-whenerver service menjadi pelayanan yang membuat tamu menginap kembali di W Bali Seminyak. Tamu yang datang ke W Bali Seminyak dapat digolongkan menjadi lima diantaranya walk-in guest, free individual travel, group guest, Marriot Bonvoy membership guest, dan villa owner. Walk-in guest adalah tamu yang datang langsung ke hotel untuk menyewa kamar. Free individual travel dalah tamu yang melakukan perjalanan secara individual dan sudah memiliki room reservation. Group guest adalah tamu yang berasal dari suatu kelompok perusahaan atau organisasi yang biaya penginapannya ditanggung oleh pihak perusahaan atau organisasi. Marriott Bonvoy membership guest adalah tamu yang sudah menjadi bagian dari membership Marriott Bonvoy Internasional sehingga selama menginap mendapatkan penawaran harga khusus member. Dari lima jenis tamu yang ada di W bali Seminyak, Villa owner adalah VIP guest yang merupakan pemilik salah satu villa, sekaligus tamu yang membeli villa di property W Bali Seminyak dan menjadi pemilik saham di hotel tersebut, khususnya di property villa. Mereka menjadi pemilik villa dengan melalui pembalian villa di awal, sebelum mereka menginap di W Hotel. Villa Owner sering menggunakan haknya untuk menginap di W Bali Seminyak. Pada saat menginap, Villa owner tidak membayar harga kamar namun hanya membayar biaya akomodasi saja. Berdasarkan latar belakang di atas, tidak semua Hotel memiliki villa yang diperjual belikan, dan memiliki VIP Guest dengan lebel Villa Owner. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengangkat judul “Penanganan Check-In Villa Owner oleh Welcome Agent di W Bali Seminyak Hotel”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Ilmu Keteknikan Industri > Teknik Industri
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Komang Ayu Kumala Yanti
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:23
Last Modified: 14 Sep 2022 08:23
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item