Green Marketing sebagai Preferensi Keputusan Pembelian Akomodasi Bertema Bambu di Ubud

Wiriyani, Putu Dian Mitari and Armoni, Ni Luh Eka and Nadra, Nyoman Mastiani (2023) Green Marketing sebagai Preferensi Keputusan Pembelian Akomodasi Bertema Bambu di Ubud. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854008_0026106308_0025116207_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854008_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Green Marketing terhadap keputusan pembelian akomodasi bertema bambu secara simultan parsial yang mengalami perkembangan seiring dengan semangat pariwisata yang ramah lingkungan. Penggunaan material ramah lingkungan seperti bambu membawa dampak keberlangsungan dan mencerminkan akomodasi yang eksotis dan layak untuk mendapatkan sorotan. Disamping itu penggunaan media sosial dan OTA juga membantu untuk promosi akomodasi yang eksotis ini. Berdasarkan fenomena tersebut maka peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh Green Marketing terhadap keputusan pembelian wisatawan. Variabel penelitian terdiri dari Green Product (X1), Green Advertising (X2), Green Brand (X3) dan keputusan pembelian (Y). Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan jumlah responden menggunakan rumus Slovin hingga diperoleh sebanyak 100 orang responden dengan rentang waktu pada bulan Mei-Juni. Selain itu dilakukan observasi untuk menentukan banyak akomodasi bertemakan Ubud baik secara langsung dan tidak langsung. Data dianalisis menggunakan SPSS V.26 dengan analisis regresi berganda sehingga menjadi penelitian kuantitatif dan dibahas secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji F nilai signifikan F menunjukan nilai sig lebih besar yakni 285,276 > 0,050 maka ada pengaruh simultan antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil uji T menunjukan nilai sig masing-masing variabel < 0,050 maka data berpengaruh parsial terhadap Y. Berdasarkan koefisien Determinasi, disimpulkan bahwa variabel independen yaitu Green Product, Green Advertising, Green Brand memiliki pengaruh kontribusi sebesar 89.6% terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Berdasarkan hasil tersebut diambil kesimpulan bahwa faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah Green Advertising yang dilakukan oleh manajemen dan Green Brand menjadi yang paling rendah yang disebabkan karena merek maupun nama yang kurang merepresentasikan. Hasil uji menunjukan masing-masing sub variabel Green Marketing ini berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Putu Dian Mitari Wiriyani
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:13
Last Modified: 30 Aug 2023 03:13
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7441

Actions (login required)

View Item View Item