Pengaruh Likuiditas, Perputaran Total Aktiva, dan Perputaran Piutang terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar

Isvari, Ni Putu Dina Meisa and Sudana, I Made and Mandia, I Nyoman (2022) Pengaruh Likuiditas, Perputaran Total Aktiva, dan Perputaran Piutang terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644091_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644091_0028126106_0006076110_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan laba merupakan persentase kenaikan dan penurunan laba bersih suatu perusahaan. Pertumbuhan laba dapat mencerminkan pertumbuhan suatu perusahaan dari waktu ke waktu. Pada masa pandemi Covid-19, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kota Denpasar terkena dampaknya yaitu pertumbuhan laba perusahaan mengalami penurunan yang cukup signifikan dari tahun 2019 sampai 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung signifikansi pengaruh likuiditas, perputaran total aktiva, dan perputaran piutang terhadap pertumbuhan laba secara parsial maupun simultan pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan bulanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar dari tahun 2019 sampai 2021. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan laba, sedangkan perputaran total aktiva dan perputaran piutang secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan likuiditas, perputaran total aktiva, dan perputaran piutang memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 64,9% terhadap pertumbuhan laba pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Dina Meisa Isvari
Date Deposited: 15 Sep 2022 10:26
Last Modified: 15 Sep 2022 10:26
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item