Penerapan Sosialisasi Untuk Memperkenalkan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada Badan Usaha di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar

Nariswahri, Ni Kadek Githa and Supiatni, Ni Nyoman and Putra, I Komang Mahayana (2023) Penerapan Sosialisasi Untuk Memperkenalkan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada Badan Usaha di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713066_0031126290_0017106302_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (570kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713066_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah Badan yang ditunjuk sebagai penyelenggara salah satu jaminan yang ada di Indonesia. Target utama yang ingin dicapai oleh BPJS Kesehatan secara umum adalah seluruh masyarakat Indonesia dan Warga Negara Asing yang telah tinggal kurang lebih enam bulan di Indonesia. Masyarakat dibagi dalam beberapa segmen yang membedakan mereka berdasarkan sumber iurannya. Salah satu segmen adalah Pekerja Penerima Upah (PPU) Non Penyelenggara Negara seperti Pegawai BUMN, BUMD dan BUMS. Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Perserta atau yang disingkat P4 adalah bidang yang bertugas untuk melakukan pendekatan pada setiap badan usaha tersebut. pendekatan yang dilakukan yaitu dengan memberikan informasi kepada Badan Usaha salah satunya melalui Telemarketing. Namun ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia banyak Badan Usaha yang mengalami kebangkrutan sehingga banyak Badan usaha yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Sehingga semakin banyak masyarakat yang tidak lagi ditanggung oleh Badan Usahanya yang berimbas juga kepada keluarganya. Sesuai dengan Program yang dicanangkan oleh BPJS Kesehatan yaitu Jaminan Kesehatan Nasioanl-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), maka melalui Bidang P4 kegiatan perluasan dilakukan. Yang menjadi target utamanya adalah Badan Usaha yang sudah mulai beroperasi kembali, Badan Usaha yang baru beroperasi dan Badan Usaha yang sudah terdaftar namun banyak melakukan pengurangan karyawan. Terdapat beberapa Rumusan Masalah yang dapat diambil dari uraian diatas yaitu, “Apa saja metode sosialisasi yang sudah digunakan pada Badan Usaha?”, “Apa saja kendala atau masalah yang dihadapi dalam pengunaan metode tersebut?”, dan “Metode sosialisasi apa yang paling efektif dilakukan?”. Dalam melakukan penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode Analisa Data Deskriptif Kualitatif yaitu Analisa Data yang mengunakan Informasi sebagai penjabar masalah yang ada. Informasi yang didapat dalam penelitian ini melalui pengamatan secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Sehingga diharapkan penelitian ini dapat menghasilkan luaran berupa metode baru yang dapat digunakan dalam melakukan sosialisasi pada Badan Usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Githa Nariswahri
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:17
Last Modified: 01 Sep 2023 07:17
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7497

Actions (login required)

View Item View Item